facebook

5 Hal Buruk Ini Paling Tidak Diharapkan Terjadi setelah Perawatan Botox, Salah Satunya Muncul Benjolan yang Menyakitkan

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Hal Buruk Ini Paling Tidak Diharapkan Terjadi setelah Perawatan Botox, Salah Satunya Muncul Benjolan yang Menyakitkan
Ilustrasi perawatan botox [shutterstock]

Jangan sembarangan melakukan perawatan botox. Pasalnya, ada berbagai efek samping yang mungkin saja bisa terjadi.

Suara.com - Jika dilakukan dengan benar, perawatan botox terbilang efektif mengurangi beragam tanda penuaan sehingga terlihat lebih awet muda. Hanya saja, apa yang terjadi bisa malah sebaliknya kalau prosedurnya sembarangan.

Belakangan ini, ada banyak perawatan botox yang dilakukan secara asal-asalan dengan harga murah. Sayangnya, hal tersebut sangat rentan terhadap munculnya berbagai komplikasi paska injeksi.

Penting untuk memastikan prosedur perawatan wajah satu ini dilakukan oleh dokter bersertifikat yang memahami anatomi wajah Anda dan menentukan tindakan perawatan seperti apa yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Kalau hal paling mendasar seperti itu diabaikan, jangan kaget jika Anda malah berakhir menyesal setelah melakukan perawatan botox. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa hal yang tidak diharapkan pasien botox.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Perawatan Kulit yang Mudah Ditemukan di Dapur Rumah, Aneka Sayur hingga Bumbu Dapur

Ilustrasi suntik botox. (Shutterstock)
Ilustrasi suntik botox. (Shutterstock)

Alis kendur

Kondisi ini terjadi karena kesalahan prosedur saat menyuntikkan botox di area mata. Botox kemungkinan disuntikkan pada otot yang salah dan terlalu dalam.

Tampilan wajah yang kaku

Hal ini disebabkan botox yang disuntikkan secara berlebihan, terutama di klinik kecantikan yang mempekerjakan orang-orang yang tidak berpengalaman.

Bibir mengerut

Baca Juga: Empat Zodiak Paling Banyak Awet Muda, Leo Termasuk Lho!

Kondisi seperti ini rentan terjadi setelah menyuntikkan botox pada bagian bibir bagian atas.

Lip drop

Ini bisa terjadi ketika botox disuntikkan berlebihan di sekitar mata dan menetes ke otot-otot wajah bagian bawah. Senyum pasien seringkali jadi tampak menyimpang hanya ke satu sisi wajah.

Ilustrasi suntik botox (shutterstock)

Benjolan yang menyakitkan di dahi

Efek ini juga bisa terjadi saat botox disuntikkan secara dangkal ke dalam kulit oleh injektor yang tidak berpengalaman.

Setelah melakukan perawatan botox, Anda disarankan melakukan olahraga. Aktivitas fisik akan meningkatkan aliran darah ke otot-otot wajah Anda dan itu akan membantu masa pemulihan menjadi lebih cepat.

Selain itu, jangan pijat area yang disuntik setidaknya selama tiga pekan. Tindakan tersebut bisa menyebabkan botox berpindah ke otot lain sehingga memicu komplikasi lebih lanjut.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar