facebook

Tanpa Olahraga, Ini 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Tanpa Olahraga, Ini 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!
Ilustrasi Mandi Air Dingin (freepik)

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Suara.com - Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, selain diet dan olahraga. Kebiasaan sehari-hari pun bisa membantu menurunkan berat badan.

Anda bisa menerapkan beberapa kebiasaan sehari-hari ini untuk menurunkan berat badan, mulai dari kebiasaan makan, mandi hingga minum.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa kebiasaan sehari-hari yang sudah didukung oleh penelitian akan membantu menurunkan berat badan.

1. Makan banyak protein

Baca Juga: Omicron Belum Capai Puncak, WHO: Terlalu Dini Bilang Menang Lawan Covid-19

Saat Anda mengonsumsi makanan kayak protein, ini akan membuat Anda tidak makan berlebihan. Pada gilirannya, ini bisa membantu Anda kehilangan beberapa kalori.

Diet protein yang dikombinasikan dengan olahraga juga bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak otot tanpa lemak yang membantu menurunkan berat badan.

Ilustrasi makanan sumber protein. (Elements Envato)
Ilustrasi makanan sumber protein. (Elements Envato)

2. Makan sambil mata ditutup

Penelitian di Jerman menemukan orang yang makan sambil ditutup matanya cenderung makan lebih sedikit.

Penjelasan dari fenomena ini adalah bahwa deprivasi penglihatan mampu mengurangi kelaparan hedonis, yakni kelaparan yang disebabkan bukan oleh kebutuhan akan makanan tetapi oleh makanan yang membangkitkan selera.

Baca Juga: Pemberian Dosis Ketiga Vaksin COVID-19 Sinovac Bisa Tingkatkan Antibodi, Bisa Lawan Omicron?

3. Minum air sebelum makan

Menurut penelitian baru, minum sekitar 473,12 ml air 30 menit sebelum makana bisa membantu menjaga berat badan tubuh.

Para peserta dalam penelitian ini tidak mengubah gaya hidup mereka sama sekali, namun mereka kehilangan sekitar 2 kg berat tubuh. Jadi, minum air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Minum lebih banyak kopi

Jika Anda seorang pecinta kopi, ada kabar baik untuk Anda. Sebuah ilmu pengetahuan menemukan bahwa meningkatkan konsumsi kopi dan teh dapat membantu mengekang nafsu makan dan mengendalikan nafsu makan, mempercepat metabolisme, dan meningkatkan pembakaran lemak saat berolahraga.

5. Mandi air dingin

Selain menyegarkan, mandi air dingin juga dapat membantu Anda menghilangkan beberapa inci di sekitar area leher dan bahu.

Saat tubuh terkena air dingin, beberapa sel lemak mulai terbakar untuk menghasilkan panas yang menyebabkan penurunan berat badan.

Komentar