Selain Usia, Minum Alkohol Ditemukan Terkait dengan Peningkatkan Risiko Demensia

Yasinta Rahmawati, Shevinna Putti Anggraeni

Senin, 07 Maret 2022 | 21:30 WIB
Selain Usia, Minum Alkohol Ditemukan Terkait dengan Peningkatkan Risiko Demensia
Ilustrasi demensia (freepik)

Suara.com - Demensia merupakan masalah kognitif yang bisa terjadi seiring bertambahnya usia, terutama pada lansia.

Demensia ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya minuman. Menurut sebuah studi baru, satu minuman dapat memicu kerusakan kognitif dengan mengecilkan otak.

Ada bukti substansial bahwa ukuran otak itu penting ketika Anda ingin mencegah penurunan kognitif, yang menyebabkan demensia.

Hipotesis telah mengatakan bahwa otak besar dikaitkan dengan kemampuan tinggi untuk mentolerir kerusakan patologis.

Teori ini telah digunakan untuk menjelaskan penyebab banyak pasien dengan penyakit Alzheimer menunjukkan keterampilan kognitif yang baik sebelum kematian.

Ilusatrasi minum alkohol (pexels/alimul)
Ilusatrasi minum alkohol (pexels/alimul)

Beberapa tanda pertama penurunan kognitif mungkin termasuk kehilangan memori, yang merupakan gejala utama demensia.

Badan kesehatan Alzheimer dilansir dari Express, menjelaskan bahwa jenis demensia yang paling umum masing-masing dimulai dengan penyusutan jaringan otak yang mungkin terbatas pada bagian otak tertentu.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa konsumsi alkohol ringan hingga sedang dikaitkan dengan pengurangan volume otak.

Analisis yang dipimpin oleh para peneliti di University of Pennsylvaniaini , mengambil data dari lebih dari 36.000 orang dewasa.

baca juga

Temuan tersebut dilaporkan dalam jurnal Nature Communications, yang menemukan bukti kuat hubungan antara minum alkohol dan penurunan kognitif.

Tetapi sejumlah besar penelitian lain telah menyelidiki hubungan antara alkohol dan kesehatan otak, dan hasilnya belum konsisten.

Sebelumnya telah ditetapkan bahwa mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat mengecilkan otak, tetapi dosis yang lebih kecil tidak menimbulkan dampak yang sama.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Studi Terbaru: Konsumsi Segelas Bir per Hari Sebabkan Otak Menua Dua Tahun Lebih Cepat

Studi Terbaru: Konsumsi Segelas Bir per Hari Sebabkan Otak Menua Dua Tahun Lebih Cepat

Lifestyle | Senin, 07 Maret 2022 | 20:30 WIB

Minum Alkohol Sehari Sekali Dapat Meningkatkan Penuaan Otak di Masa Depan

Minum Alkohol Sehari Sekali Dapat Meningkatkan Penuaan Otak di Masa Depan

Health | Senin, 07 Maret 2022 | 12:02 WIB

Alkohol Pada Produk Kecantikan Tidak Selalu Bermanfaat, Kenali Dulu Jenisnya

Alkohol Pada Produk Kecantikan Tidak Selalu Bermanfaat, Kenali Dulu Jenisnya

Lifestyle | Jum'at, 04 Maret 2022 | 16:06 WIB

Terkini

Apa Arti Weton Tibo Loro dalam Rezeki dan Jodoh?

Apa Arti Weton Tibo Loro dalam Rezeki dan Jodoh?

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 16:35 WIB

Memburu Harta Karun di Perut Bumi Lampung: Misi Survei Gerbera Siap Ungkap Potensi Migas Raksasa

Memburu Harta Karun di Perut Bumi Lampung: Misi Survei Gerbera Siap Ungkap Potensi Migas Raksasa

Lampung | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 16:33 WIB

Membangun Desa dari Manusianya: Kisah Bli Nyoman dan Desa Sejahtera Astra Les

Membangun Desa dari Manusianya: Kisah Bli Nyoman dan Desa Sejahtera Astra Les

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 16:25 WIB

Horor Digital di Kampus Surabaya: Saat AI Disalahgunakan untuk 'Menelanjangi' Harga Diri Mahasiswi

Horor Digital di Kampus Surabaya: Saat AI Disalahgunakan untuk 'Menelanjangi' Harga Diri Mahasiswi

Jatim | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 16:24 WIB

Standar Baru Industri Mobil Bekas Focus Motor Hadir di Kawasan Bintaro

Standar Baru Industri Mobil Bekas Focus Motor Hadir di Kawasan Bintaro

Otomotif | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 16:15 WIB

Bukan Honor Nyanyi! Bebizie Terima Aliran Uang Tambang Terkait Kasus Rita Widyasari

Bukan Honor Nyanyi! Bebizie Terima Aliran Uang Tambang Terkait Kasus Rita Widyasari

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 16:04 WIB

Hornet Diminta Dihapus dari App Store dan Play Store, Komdigi Ungkap Masalahnya

Hornet Diminta Dihapus dari App Store dan Play Store, Komdigi Ungkap Masalahnya

Tekno | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:59 WIB

Jangan Asal Timpa, Dokter Ungkap Cara Re-apply Saat Pakai Tinted Sunscreen

Jangan Asal Timpa, Dokter Ungkap Cara Re-apply Saat Pakai Tinted Sunscreen

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:54 WIB

Menelisik Garam Palungan Desa Les: Saat Warisan Leluhur Bertahan di Tengah Modernisasi

Menelisik Garam Palungan Desa Les: Saat Warisan Leluhur Bertahan di Tengah Modernisasi

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:50 WIB

Sinyal HP Tumbang, 200 BTS Rusak: Begini Update Gempa NTT

Sinyal HP Tumbang, 200 BTS Rusak: Begini Update Gempa NTT

Tekno | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 15:42 WIB

×