facebook

6 Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung agar Ibadah Lancar di Bulan Ramadhan

Yasinta Rahmawati
6 Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung agar Ibadah Lancar di Bulan Ramadhan
Ilustrasi waktu berbuka untuk ibadah puasa. (Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels)

Berpuasa untuk penderita asam lambung adalah satu tantangan tersendiri. Simak 6 tipsnya di sini!

Suara.com - Puasa memberikan tantangan tersendiri bagi mereka yang menderita keluhan asam lambung. Pasalnya, untuk tidak makan siang akan jadi hal yang cukup berat. Untuk itu mari lihat beberapa tips puasa untuk penderita asam lambung berikut ini.

Sebelumnya, penyakit asam lambung bisa jadi menantang karena akan rawan kambuh saat kegiatan puasa. Makanan sahur dan berbuka kurang tepat, dikombinasikan dengan tidak makan siang, memicu terjadinya kambuh ini.

Maka dari itu, sederet tips berikut semoga bermanfaat!

1. Konsumsi Obat Asam Lambung sesuai Rekomendasi

Baca Juga: Ramadan Segera Tiba, Pratama Arhan: Saya Muslim, Saya Wajib Puasa

Tidak ada salahnya memeriksakan kondisi Anda sebelum menjalankan ibadah puasa. Dokter akan mengetahui benar apa yang dibutuhkan tubuh, sehingga bisa meresepkan obat paling tepat.

Obat asam lambung biasanya akan diresepkan untuk diminum saat sahur dan setelah berbuka puasa. Jadi, ibadah puasa yang dijalankan bisa lancar dan tidak terhambat oleh resiko kambuh.

2. Makan dalam Porsi Normal

Berpuasa tidak berarti Anda harus makan sahur dan berbuka dalam porsi banyak. Alih-alih menambah tenaga, hal ini justru akan membuat organ pencernaan kaget dan bekerja lebih keras. Hal ini bisa memicu naiknya asam lambung.

Makan dengan porsi normal, namun perhatikan pemilihan makanannya. Pemilihan makanan yang tepat bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dan meminimalisir resiko asam lambung naik.

Baca Juga: Tokyo Verdy Jamin Makanan untuk Pratama Arhan Halal

Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)
Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

3. Tidak Makan Terburu-Buru

Ketika santap sahur atau berbuka, kendalikan kecepatan makan yang Anda miliki. Kunyah perlahan, dan jangan makan terburu-buru. Makanan yang dikunyah dengan baik akan meringankan kerja lambung, sekaligus memudahkan makanan dicerna.

Otak baru akan mengenali sinyal kenyang yang dikirimkan perut setelah 15 sampai 20 menit, maka dari itu, jangan berlebihan dan jangan terburu-buru saat makan.

4. Beri Jeda sebelum Rebahan

Siap yang tak menantikan saat rebahan setelah makan sahur atau berbuka? Tapi tunggu dulu, untuk penderita asam lambung hal ini sangat tidak direkomendasikan lho!

Mengapa?

Sebab aktivitas ini akan memicu naiknya asam lambung, bersama makanan yang baru dikonsumsi, sehingga memicu rasa tak nyaman yang cukup lama akibat asam lambung ini. Jadi, berikan waktu jeda sejenak sebelum rebahan ya!

5. Pilih Makanan yang Tepat

Sudah menjadi pengetahuan umum tentu, bahwa makanan pedas, berminyak, gorengan menjadi pantangan besar untuk penderita asam lambung. Maka dari itu, hindari konsumsi makanan tersebut saat sahur dan berbuka.

6. Awali dengan Doa, Lengkapi dengan Usaha

Terakhir, awali semua kegiatan puasa dengan doa dan niat yang baik, lalu lengkapi dengan usaha yang ada di poin-poin di atas. Dengan begini, idealnya ibadah puasa akan berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Itu tadi 6 tips puasa untuk penderita asam lambung. Semoga bermanfaat, dan selamat menantikan bulan puasa!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar