facebook

Mefenamic Acid Obat Apa? Ketahui Kegunaan dan Aturan Pakainya

Yasinta Rahmawati
Mefenamic Acid Obat Apa? Ketahui Kegunaan dan Aturan Pakainya
Ilustrasi asam mefenamat. (Pixabay)

Tahukah Anda fungsi dari mefenamic acid untuk apa dan bagaimana cara menggunakannya? Simak di sini!

Suara.com - Menjadi salah satu obat yang paling banyak dikenal masyarakat, mefenamic acid atau asam mefenamat dipercaya bisa meredakan nyeri dan membantu mengurangi sensasi tak nyaman saat mengalami sakit. Namun sebenarnya mefenamic acid obat apa dan bagaimana penggunaan idealnya?

Sebenarnya obat ini sendiri idealnya menggunakan resep dokter, karena memiliki kandungan yang cukup tinggi. Kadar parasetamol yang dikandungnya adalah 500 mg, sehingga tidak bisa dikonsumsi sembarangan sebagai obat lepas atau obat yang dijajakan di warung.

Mefenamic Acid Obat Apa

Inti dari khasiat mefenamic acid sendiri adalah membantu meredakan nyeri. Dokter biasanya menggunakan obat ini untuk terapi jangka pendek, antara 7 hari atau kurang dari tempo tersebut. Obat ini diperuntukkan bagi orang dewasa, atau anak-anak dengan usia minimal 14 tahun.

Baca Juga: Awas, Kelebihan Minum Parasetamol Bisa Picu Kerusakan Hati dan Ginjal!

Beberapa jenis nyeri yang biasanya menggunakan rekomendasi obat ini antara lain sakit kepala, nyeri ringan hingga sedang, nyeri dan sakit gigi, dismenore primer, nyeri karena trauma, nyeri otot, nyeri setelah operasi, hingga nyeri akibat haid atau datang bulan.

Sekali lagi, karena kandungan dalam obat ini cukup tinggi, maka penggunaannya wajib dengan resep dokter. Saat dikonsumsi, seorang bisa saja mengalami efek samping ringan seperti mual, muntah, atau diare. Namun efek samping ini tidak akan bertahan terlalu lama.

Ilustrasi obat. (Pixabay)
Ilustrasi obat. (Pixabay)

Aturan Pakai Asam Mefenamat

Untuk aturan pakainya sendiri adalah anak-anak berusia 14 tahun dan orang dewasa sebanyak 1 tablet, dan diminum sehari tiga kali. Cara pakai ini bisa menyesuaikan rekomendasi dari dokter yang memberikan resep tersebut, sehingga dapat memberikan efek maksimal pada penggunanya.

Di pasar saat ini, terdapat beberapa brand yang menjual asam mefenamat ini. Mulai dari Ponstan, Dexa, hingga HJ. Ketiganya sama-sama merupakan asam mefenamat dengan kandungan parasetamol sebanyak 500 mg.

Baca Juga: Studi: Perempuan Dua Kali Lebih Mungkin Alami Migrain

Harga dari obat ini sendiri juga terbilang terjangkau, sehingga tidak akan memberatkan ketika Anda harus membeli cukup banyak.

Itu tadi sedikit informasi mengenai mefenamic acid obat apa dan bagaimana cara penggunaannya. Semoga bisa menjadi artikel yang bermanfaat untuk Anda, dan selalu jaga kesehatan kapanpun dan di manapun Anda berada!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar