facebook

Filter Kopi Justru Lebih Baik untuk Kesehatan daripada Espresso, Kok Bisa?

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Filter Kopi Justru Lebih Baik untuk Kesehatan daripada Espresso, Kok Bisa?
Ilustrasi kopi. (Pixabay)

Peneliti menyarankan bagi pria untuk meminum filter kopi atau kopi yang disaring.

Suara.com - Kopi terbagi menjadi beberapa jenis, tergantung pada bahan dan cara pembuatannya. Ternyata, setiap jenis kopi juga memiliki manfaat serta risiko yang berbeda.

Sebuah penelitian terhadap 21.803 orang Norwegia menunjukkan bahwa kopi jenis tertentu memiliki efek buruk pada jantung. Risikonya pun berbeda untuk pria dan wanita.

Studi ini menemukan bahwa minum kopi berbasis espresso menyebabkan peningkatan kolesterol pada wanita, dan menjadi dua kali lipat pada pria.

Peneliti menyarankan bagi pria untuk meminum filter kopi atau kopi yang disaring.

Baca Juga: Eksperimen Bikin Espresso dari Kopi Sachet, Percobaan Barista Ini Berakhir Ngenes

Menurut The Sun, kopi mengandung senyawa berminyak yang dikenal sebagai diterpen, terutama kafestol dan kahweol, yang diketahui dapat meningkatkan kolesterol.

Ilustrasi kopi (Unsplash)
Ilustrasi kopi (Unsplash)

"Kami tahu dari sebuah studi tahun 1988 di Tromso, ada hubungan yang signifikan antara kopi tanpa filter, atau direbus, dengan kolesterol," kata ahli jantung dan penulis studi Maja-Lisa Løchen.

Ia melanjutkan, "Kami menemukan, baik pada wanita maupun pria, minum tiga hingga lima cangkir espresso atau lebih dalam sehari dapat meningkatkan kolesterol secara signifikan, tetapi lebih pada pria."

Sebuah studi yang lebih kecil di Inggris menemukan hasil yang serupa, tetapi satu riset di Italia bertentangan dengan temuan tersebut.

"Kami terkejut dengan faktor perbedaan jenis kelamin. Ini adalah temuan baru. Kami tidak tahu kenapa," tandas Løchen.

Baca Juga: 5 Macam Minuman Kopi Berbahan Dasar Espresso, Wajib Tahu agar Tidak Salah Pesan!

Komentar