facebook

11 Tanda Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui

Dany Garjito
11 Tanda Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi kanker payudara. (Shutterstock)

Kanker payudara dapat dicegah dan ditangani lebih cepat jika telah mengetahui tanda-tanda awalnya. Berikut penjelasannya.

Suara.com - Kanker payudara merupakan penyakit manusia yang dapat terjadi kepada perempuan. Namun ternyata, kanker payudara tidak hanya dapat menyerang perempuan, kanker payudara dapat juga menyerang laki-laki. Penyakit ini dapat menyerang siapapun yang tidak menjaga tubuhnya dengan baik. Oleh karena itu, tidak hanya perempuan atau wanita saja yang harus menjaga kesehatan diri dari penyakit kanker payudara, laki-laki juga harus menjaga diri dari penyakit tersebut.

Banyak beberapa faktor penyebab kanker payudara. Namun yang terpenting yakni, manusia harus memahami tanda-tanda kanker payudara agar mengetahui keganjalannya sejak dini. Pencegahan dini terhadap suatu penyakit merupakan bentuk kepedulian diri terhadap kesehatan tubuh.

Kanker payudara merupakan penyakit yang muncul atas adanya perkembangan sel jaringan kanker di payudara. Perkembangan sel kanker tersebut juga termasuk kelenjar susu. Kanker payudara dapat dicegah dan ditangani sejak dini apabila telah mengetahui tanda-tandanya.

Berikut ini adalah tanda-tanda kanker payudara. Namun terkadang kanker payudara tidak menunjukkan tanda-tanda yang sangat terlihat, sebaiknya jika tanda-tanda berikut ini ada yang Anda alami, tentu lebih baik memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Termasuk Mengatasi Diabetes dan Mencegah Kanker

  1. Terasa adanya pembengkakan di payudara
  2. Pembengkakan disertai kemerahan atau penggelapan di area payudara
  3. Adanya lekukan kulit di payudara
  4. Lelukan kulit di payudara tidak wajar atau jarang terjadi sebelumnya
  5. Luka yang terlihat jelas karena ruam pada puting payudara
  6. Perubahan ukuran payudara yang tidak wajar
  7. Pembuluh darah vena terlalu menonjol di area payudara
  8. Rasa sakit di payudara atau sekitar payudara yang tak kunjung menghilang
  9. Rasa sakit tersebut muncul dan terasa semakin sakit
  10. Munculnya sebuah benjolan di payudara atau di dekat ketiak
  11. Warna payudara pucat atau kemerahan
  12. Terasa sedikit terbakar atau perih
  13. Pembengkakan kelenjar getah bening

Demikian 11 tanda kanker payudara. Kanker payudara merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Kanker payudara telah merenggut banyak nyawa di Indonesia. Oleh karena itu, pentingnya untuk menjaga diri dari penyakit kanker payudara.

Cara mewaspadai dan sebagai bentuk pencegahan adalah dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Selain itu, rutin memeriksakan diri terkait potensi penyakit yang dapat muncul dalam tubuh juga baik untuk dilakukan sebagai bentuk pencegahan dini. 

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Komentar