facebook

Agar Hasil Lebih Akurat, Kapan Waktu yang Tepat untuk Lakukan Tes Kehamilan?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Agar Hasil Lebih Akurat, Kapan Waktu yang Tepat untuk Lakukan Tes Kehamilan?
Ilustrasi tes kehamilan. (Shutterstock)

Tes kehamilan di waktu yang tepat bisa memberikan hasil positif atau negatif yang lebih akurat.

Suara.com - Tanda-tanda kehamilan termasuk terlambat menstruasi, payudara bengkak atau sakit kepala. Tapi, cara paling tepat untuk memastikan Anda hamil atau tidak dengan menggunakan tes kehamilan.

Meski begitu, Anda harus tahu bahwa janganlah melakukan tes kehamilan terlalu dini. Karena, melakukan tes kehamilan terlalu dini bisa memberikan hasil negatif palsu.

Sehingga, Anda perlu tahu waktu yang terbaik untuk melakukan tes kehamilan. Supaya Anda bisa mendapatkan hasil tes kehamilan yang lebih akurat.

Setelah melakukan hubungan seks, sel telur yang dibuahi akan berjalan ke dalam rahim dan menanamkan dirinya di dinding rahim.

Baca Juga: Studi: Setengah Pasien Virus Corona Covid-19 yang Dirawat Tetap Alami Gejala hingga 2 Tahun

Tapi, Anda perlu tahu bahwa kesuburan seorang wanita berubah selama siklusnya. Jendela masa subur atau ovulasi terjadi sekitar 1 minggu sampai 10 hari.

Ilustrasi test pack, tes kehamilan (shutterstock)
Ilustrasi test pack, tes kehamilan (shutterstock)

Berhubungan seks di luar jendela masa subur ini pastinya memiliki peluang hamil lebih rendah. Bila Anda tidak tahu jendela masa suburnya, Anda bisa menggunakan alat tes untuk mendeteksi jendela masa subur Anda.

Sekitar enam hari setelah pembuahan, sejumlah kecil hormon kehamilan yang disebut gonadotropin kronis manusia (hCG) akan mulai muncul dalam urine.

Gonadotropin kronis manusia adalah hormon yang dideteksi oleh alat tes kehamilan. Hormon ini biasanya memuncak beberapa minggu setelah pembuahan, tetapi tes kehamilan mungkin hanya mendeteksinya sejumlah kecil hormon tersebut.

Sehingga, Anda bisa melakukan tes kehamilan dari hari pertama terlambat menstruasi. Jika siklus menstruasi Anda tidak pasti, Anda bisa melakukan tes setidaknya 21 hari setelah berhubungan seks terakhir.

Baca Juga: WHO Sebut Kasus Virus Corona Covid-19 Menurun secara Global, Kecuali Amerika dan Afrika!

"Beberapa tes kehamilan yang cukup sensitif bisa digunakan sebelum Anda telat menstruasi. Anda bisa melakukan tes kehamilan pada sampel urine kapan saja, tidak harus di pagi hari," kata NHS dikutip dari The Sun.

Meskipun Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dengan melakukan tes kehamilan di pagi hari, karena urine lebih pekat. Tapi, Anda bisa melakukan tes kehamilan kapan saja.

Komentar