facebook

5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Waspadai Gejalanya!

Yasinta Rahmawati
5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Waspadai Gejalanya!
Ilustrasi sakit perut di bagian kanan bawah. (Foto oleh Kindel Media dari Pexels)

Keluhan sakit perut di bagian kanan bawah agaknya tidak boleh disepelekan. Simak beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan bawah.

Suara.com - Pernahkah Anda mengalami sakit perut di sebelah kanan bawah? Tentu, tidak sedikit yang kemudian penasaran apa penyebab sakit perut sebelah kanan bawah ini. Sialnya, tidak sedikit dari penyebab atau pemicunya yang terbilang serius, sehingga harus mendapatkan penanganan serius.

Maka dari itu, ketika terjadi keluhan sakit perut di sebelah kanan bawah sangat direkomendasikan segera mengunjungi dokter dan mendapatkan diagnosa akurat. Beberapa di antara penyebab sakit perut sebelah kanan adalah sebagai berikut.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

1. Kondisi Kehamilan Ektopik

Baca Juga: 5 Gejala Kanker Usus Stadium Awal, Ketahui untuk Penanganan Dini

Jelas hal ini terjadi pada kaum wanita. Terjadinya kondisi hamil di luar kandungan atau kehamilan ektopik bisa jadi penyebab sakit perut di sebelah kanan bawah. Meski kejadian ini cenderung jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin.

2. Hepatitis

Sakit perut di sebelah kanan bawah juga bisa muncul akibat penyakit hepatitis. Terjadinya infeksi di bagian hati mengakibatkan peradangan, dan memicu sakit perut di bagian kanan namun sedikit di bagian atas. Sakit perut ini disertai dengan rasa mual, muntah, penurunan nafsu makan, hingga urine berwarna gelap.

Ilustrasi sakit perut (Elements Envato)
Ilustrasi sakit perut (Elements Envato)

3. Radang Usus Buntu

Penyebab selanjutnya adalah keluhan radang usus buntu. Hal ini juga disebut dengan apendisitis, yang disebabkan oleh infeksi pada usus buntu hingga terjadi pembengkakan. Gejala paling umum dari keluhan ini adalah sakit perut di bagian kanan bawah, disertai rasa mual, sembelit, demam, dan kembung. Keluhan ini wajib segera ditangani oleh dokter.

Baca Juga: Imbas Makanan Kualitas Rendah, Masyarakat Shanghai Alami Diare dan Sakit Perut Saat Lockdown

4. Kolesistitis

Peradangan yang terjadi di kantong empedu ini diakibatkan oleh terhalangnya saluran untuk mengeluarkan cairan kantong empedu. Cairan kemudian menumpuk, dan menyebabkan peradangan. Gejala paling umum pada saat seorang mengalami hal ini adalah nyeri di perut bagian kanan yang rasanya tajam.

5. Batu Empedu

Tentu Anda paham benar betapa seriusnya hal ini. Rasa sakit di bagian kanan bawah perut sering muncul pada penderita batu empedu setelah makan, utamanya setelah konsumsi makanan berlemak atau dalam porsi yang besar.

Itu tadi beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan bawah yang sifatnya serius dan wajib mendapatkan penanganan cepat dari dokter. Semoga berguna, dan selamat menjalankan aktivitas Anda selanjutnya. Ingat, segera kunjungi dokter saat keluhan kesehatan muncul.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar