facebook

Kenali 7 Gejala Kanker Melanoma dan Tangani Sejak Dini

Yasinta Rahmawati
Kenali 7 Gejala Kanker Melanoma dan Tangani Sejak Dini
Ilustrasi gejala kanker melanoma. (Foto oleh Anna Roguszczak dari Pexels)

Mampu mengenali gejala kanker melanoma akan jadi langkah baik meminimalisir dampak buruknya. Simak penjelasan di artikel berikut ini!

Suara.com - Melanoma merupakan sebutan untuk kanker kulit yang rawan terjadi di kalangan masyarakat. Bisa disebabkan oleh berbagai hal, nyatanya gejala dari penyakit ini sebenarnya bisa dengan mudah dikenali jika cermat. Setidaknya Anda akan menemukan 7 gejala kanker melanoma di artikel ini, untuk membantu Anda mengenali tanda awal yang muncul.

7 Gejala Kanker Melanoma

1. Rasa Gatal di Permukaan Kulit

Rasa gatal dan nyeri yang muncul di permukaan kulit bisa jadi gejala awal seorang mengalami kanker melanoma. Rasa gatal ini jadi tanda bahwa sel kanker sedang menyerang sel kulit tubuh yang sehat, dan muncul di area kulit yang tampak kasar serta bersisik.

Baca Juga: CDC Sebut Keseringan Terbang Naik Pesawat Tingkatkan Risiko Kanker, Begini Penjelasannya?

2. Kulit Tampak Bersisik

Kulit menjadi tampak bersisik disertai dengan rasa gatal seperti yang disampaikan pada poin pertama tadi. Gejala awal ini muncul akibat rusaknya sel kulit sehat karena diserang oleh sel kanker. Kulit tidak dapat melakukan regenerasi, dan menjadi muncul kesan seperti bersisik.

3. Bercak pada Kulit

Satu dari 7 gejala kanker melanoma adalah munculnya bercak pada kulit yang tampak tidak biasa. Bercak ini muncul secara tiba-tiba, mulai dari ukuran kecil dan terus membesar. Ketika tiba-tiba muncul bercak hitam dan terus membesar, ada baiknya Anda melakukan kontrol ke dokter kulit.

Ilustrasi pemeriksaan kanker kulit. (Shutterstock)
Ilustrasi pemeriksaan kanker kulit. (Shutterstock)

4. Muncul Benjolan di Bagian Permukaan Kulit

Baca Juga: Waspada Kelopak Mata Gatal, Bisa Jadi Tanda Kanker Mata Langka

Kanker melanoma juga sering menunjukkan gejalanya dengan kemunculan benjolan pada bagian permukaan kulit. Benjolan ini tidak disertai rasa nyeri, dan muncul di area lipatan seperti leher atau ketiak. Waspadai keberadaan benjolan seperti ini.

5. Nyeri Sendi

Tanda atau gejala berikutnya yang muncul adalah nyeri sendi. Ketika sel kanker sudah menyebar ke bagian tulang, rasa nyeri bisa muncul di berbagai bagian sendi tubuh. Jika tiba-tiba rasa nyeri muncul di bagian persendian tanpa sebab yang jelas, maka segera konsultasikan ke dokter.

6. Muncul Tahi Lalat yang Membesar

Tahi lalat sebenarnya adalah hal yang biasa. Namun ketika tahi lalat ini ukurannya terus membesar dan menjadi asimetris, bahkan terjadi perubahan warna menjadi kebiruan atau kemerahan, maka bisa jadi ini tanda seorang telah mengidap kanker melanoma tahap awal.

7. Luka Kecil dan Kasar

Kemunculan luka kecil dan kasar serta bersisik jadi tanda atau gejala berikutnya seorang mengidap jenis kanker ini. Tidak jarang, luka tersebut bisa sampai berkerak. Umumnya luka akan terjadi di area yang sering terpapar matahari.

Itu tadi setidaknya 7 gejala kanker melanoma yang tampak dan wajib diwaspadai. Semoga artikel ini berguna!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar