facebook

Apakah Diabetes Bisa Sembuh Total?

Yasinta Rahmawati
Apakah Diabetes Bisa Sembuh Total?
Ilustrasi penderita diabetes memeriksa gula darah. (Foto oleh PhotoMIX Company dari Pexels)

Apakah diabetes bisa sembuh total dan seseorang terbebas dari risiko penyakit tersebut? Temukan jawabannya di sini!

Suara.com - Pertanyaan apakah diabetes bisa sembuh terus muncul di berbagai kanal. Tentu pertanyaan ini mengusik banyak orang, apalagi orang-orang yang menderita diabetes atau orang yang memiliki kenalan dengan penyakit tersebut. Tapi sebenarnya bagaimana jawaban atas pertanyaan tersebut?

Diabetes sendiri merupakan kondisi tingginya kadar glukosa di dalam darah. Hal ini dipicu karena tubuh tidak mampu mengolah glukosa yang masuk menjadi energi, sehingga kadar gula darah terus meningkat seiring penumpukan sisa glukosa yang tidak terolah ini.

Lalu Apakah Diabetes Bisa Sembuh?

Kabar buruknya, adalah bahwa hingga saat ini diabetes tidak bisa dikatakan sembuh total. Penderita diabetes harus hidup bersama dengan risiko penyakit tersebut, sambil berupaya terus menstabilkan kondisi gula darah pada angka yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Xerostomia Bisa Jadi Gejala Kadar Gula Darah Tinggi, Begini Tandanya!

Setidaknya terdapat dua jenis diabetes yang dikenal saat ini. Diabetes Tipe 1 adalah kondisi di mana tubuh tidak memproduksi insulin yang digunakan untuk mengolah glukosa, dan Diabetes Tipe 2 yang menjadi bentuk lebih umum diabetes, di mana tubuh gagal memproduksi atau menggunakan insulin secara efektif.

Kata kunci pada konteks ini adalah produksi dan penggunaan insulin dan glukosa yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika gula darah naik, maka diabetes akan memberikan dampaknya pada tubuh. Biasanya, penanganan yang diberikan adalah terapi insulin dan penerapan pola hidup dan makan yang sehat. Kombinasi ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga efek dari diabetes bisa berangsur-angsur menurun.

Ilustrasi diabetes. (Pexels/NataliyaVaitkevich)
Ilustrasi diabetes. (Pexels/NataliyaVaitkevich)

Gula Darah Stabil Tidak Berarti Sembuh

Setelah melakukan terapi insulin dan penerapan pola makan dan pola hidup sehat, idealnya kadar gula darah di dalam tubuh akan menurun. Hal ini membuat tubuh kembali merasa fit dan segar, seperti pada kondisi optimal orang sehat.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Mulut Kering Bisa Jadi Gejala 5 Masalah Kesehatan Serius!

Namun demikian hal ini tidak berarti seorang terbebas dari diabetes. Memang benar, kadar gula darah menjadi normal. Namun resiko kadar gula darah kembali naik tentu tetap ada, ketika pola makan dan hidup yang dijalani kembali pada lingkaran kurang sehat.

Apakah diabetes bisa sembuh total? Jawabannya adalah tidak. Tapi apakah penderita diabetes bisa mengupayakan agar hidupnya tetap normal dan sehat? Sangat bisa. Dengan disiplin pola hidup sehat dan pola makan yang baik, hal ini sangat mungkin terjadi.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar