facebook

Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Efektif

Dany Garjito
Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Efektif
Ilustrasi insomnia (pexels.com)

Insomnia kerap menjadi permasalahan bagi seseorang, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia.

Beberapa permasalahan yang kerap dialami oleh seseorang dan cukup mengganggu adalah insomnia atau susah tidur.

Insomnia sendiri merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan seseorang sulit atau tidak bisa tidur. Permasalahan tersebut bisa terjadi kepada siapa saja, dan biasanya cukup mengganggu karena bisa menyebabkan terganggunya aktivitas di esok hari.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang menderita insomnia atau kesulitan tertidur di malam hari. Diantaranya yaitu stres, terlalu sibuk, terlalu banyak makan di malam hari, menggunakan gadget saat jam tidur dan banyak lagi lainnya. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut Suara.com rangkum, cara untuk mengatasi insomnia.

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur

1. Relaksasi

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika kesulitan untuk terlelap di malam hari adalah dengan melakukan relaksasi, seperti dengan olahraga yoga atau pilates. Diketahui, aktivitas tersebut bisa memberikan rasa tenang dan nyaman, sehingga bisa menyebabkan tidur lelap di malam hari.

Ada beberapa relaksasi lain yang bisa dilakukan, seperti membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik dengan irama yang tenang.

2. Mengontrol Diri Untuk Berpikir Positif

Bagi sebagian orang, malam saat beristirahat menjadi momen yang dimanfaatkan untuk berpikir banyak hal, tentang segala hal. Hal tersebutlah yang kemudian menjadikan seseorang sulit untuk lelap dalam tidurnya di malam hari. Cara jitu untuk bisa mengatasi hal tersebut adalah dengan mengontrol diri agar tetap berpikir positif, sehingga bisa menjadikan seseorang lebih tenang, dan kemudian mudah terlelap di malam hari.

Baca Juga: 4 Daftar Makanan dan Minuman yang Dapat Membantu Mengatasi Insomnia

3. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Asupan makanan juga berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Asupan makanan yang sehat dan bergizi bisa membantu seseorang dalam mengatasi insomnia. Hindari makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi, dan karbohidrat kompleks di malam hari. Karena makanan-makanan tersebut akan membuat kerja sistem pencernaan yang kemudian menyebabkan tubuh sulit untuk beristirahat.

4. Hindari Minuman Beralkohol dan Kafein

Poin ini merupakan yang paling penting. Mengkonsumsi alkohol dan kafein yang terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kedua jenis minuman tersebut juga bisa menyebabkan tubuh sulit untuk beristirahat. Ganti minuman tersebut dengan air putih, atau susu.

5. Tidak Merokok di Malam Hari Sebelum Tidur

Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok bisa menyebabkan seseorang sulit untuk tertidur, maka dari itu, hindari merokok di malam hari menjelang tidur.

6. Melakukan Antisipasi Perubahan Jam Tidur

Kerap kali kita mengubah jam tidur saat berpergian ke suatu tempat dengan zona waktu yang berbeda, hal tersebut tentu akan menyebabkan gangguan ritme sirkadian.

Ritme sirkadian sendiri merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme, dan suhu tubuh. Jika ritme tersebut terganggu, maka tubuh akan berpeluang mengalami kesulitan untuk tertidur. 

Untuk menghindari hal tersebut, kita harus pandai mengatur kegiatan sehari-hari, dan membiasakan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya.

7. Pola Hidup Sehat

Mengatur pola hidup yang sehat juga tidak kalah penting untuk bisa mengatasi insomnia. Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga pola hidup yang sehat antara lain mengatur asupan makanan, mengurangi stres, hingga rajin berolahraga setiap harinya.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Komentar