facebook

Viral Video Anak Minta Tolong di TikTok, Yuk Kenali Isyarat Saat Seseorang dalam Bahaya!

Risna Halidi | Fajar Ramadhan
Viral Video Anak Minta Tolong di TikTok, Yuk Kenali Isyarat Saat Seseorang dalam Bahaya!
Bahasa tubuh minta tolong (TikTok)

Penting mengenal bahasa tubuh dan simbol meminta pertolongan yang bisa dilakukan lewat gerakan tangan sederhana berikut ini.

Suara.com - Meminta tolong saat dalam posisi bahaya lebih mudah dijelaskan secara teori daripada praktek. Beberapa korban merasa tertekan, hingga sulit berbicara apa lagi meminta pertolongan orang lain.

Untuk itu penting mengenal bahasa tubuh dan simbol meminta pertolongan yang bisa dilakukan lewat gerakan tangan sederhana berikut ini.

Dalam sebuah video TikTok yang diunggah akun @foxyros, Selasa (28/06/2022), terlihat seorang anak yang membuat tanda pertolongan kepada dua orang wanita.

Dalam video yang sama juga terlihat seorang pria memakai kaos lengan panjang putih, yang diduga sebagai sumber bahaya untuk anak tersebut.

Baca Juga: Viral Pengamen Nyantikan Lagu Tak Ingin Usai dengan Merdu, Warganet: Sopan Banget Suaranya

Bahasa tubuh minta tolong (Dok. Canadian Women's Foundation)
Bahasa tubuh minta tolong (Dok. Canadian Women's Foundation)

Oleh karena itu, anak tersebut meminta pertolongan kepada dua wanita yang kebetulan bertemu di jalan.

Anak itu sendiri memberikan simbol tangan meminta pertolongan.

Isyarat dilakukan adalah dengan mengangkat tangan dengan ibu jari diselipkan ke telapak tangan (membentuk angka empat), lalu melipat jari ke bawah (mengepal), secara simbolis menjebak ibu jari di jari.

Simbol satu ini juga pernah dilakukan oleh seorang wanita dalam sebuah video yang meminta pertolongan.

Melansir laman Worldbank, gerakan tangan ini pertama kali dikenalkan di Kanada oleh Canadian Women's Foundation pada 14 April 2020 lalu.

Baca Juga: Sempat Viral Soal Permohonan Ganja Medis, Santi Warastuti: Saya Hanya Ingin Anak Saya Sembuh Terserah Mau Dihujat

Saat ini gerakan tangan tersebut diresmikan Women's Funding Network (WFN), Amerika Serikat pada 28 April 2022 sebagai tanda meminta pertolongan.

Isyarat yang satu ini digunakan seseorang sebagai tanda jika dirinya merasa terancam dan membutuhkan bantuan, baik secara langsung maupun panggilan video.

Ide isyarat ini awalnya dibuat untuk mengurangi kasus kekerasan rumah tangga, terutama di masa pandemi Covid-19. Gerakan singkat tersebut dibuat dengan mudah agar bisa dilakukan dan dipahami orang.

Hingga kini gerakan tersebut telah diakui lebih dari 40 organisasi di Kanada dan Amerika Serikat sebagai alat yang berguna untuk membantu memerangi kekerasan, khususnya dalam rumah tangga.

Jika melihat seseorang menggunakan simbol yang satu ini, dapat menjadi tanda ia dalam bahaya. Kita juga bisa gunakan simbol ini jika memang membutuhkan sedang dalam bahaya dan membutuhkan bantuan orang lain.

Komentar