facebook

Saat Tenaga Kesehatan Haji Tilawah Al Quran dan Doa Bersama, KKHI: Agar Pelayanan Tetap Baik dan Lancar

M. Reza Sulaiman
Saat Tenaga Kesehatan Haji Tilawah Al Quran dan Doa Bersama, KKHI: Agar Pelayanan Tetap Baik dan Lancar
Ilustrasi membaca doa. (Pexels)

Suasana KKHI Mekah tidak seperti fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Di pagi hari, ramai terdengar tenaga kesehatan haji yang melantunkan tilawah Al Quran dan doa bersama.

Suara.com - Suasana Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah tidak seperti fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Di pagi hari, ramai terdengar tenaga kesehatan haji yang melantunkan tilawah Al Quran dan doa bersama.

Rupanya dijelaskan oleh dr. Romi Akbar Muchtar, SpAN, tilawah dan doa bersama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap pagi sebelum pelayanan dibuka.

"Tahun ini agak berbeda, morning report ditutup dengan tilawah quran dengan surat yang dibaca berganti setiap hari," ujar dr. Romi dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Morning report sendiri dilaksanakan setiap hari pukul 08.00 WAS (Waktu Arab Saudi), sejak hari pertama pembukaan KKHI di tanggal 13 Juni 2022. Morning report dilakukan untuk membahas persiapan pelayanan sampai pemecahan permasalahan yang ditemukan dari masing masing unit pelayanan.

Baca Juga: Ibadah Haji dengan Aman dan Sehat, Dokter Minta Jemaah Haji Waspadai Kekambuhan Penyakit Jantung

Ilustrasi sholat - Sujud Tilawah : Pengertian, Hukum, Tata Cara dan Bacaan Doa (Pixabay)
Ilustrasi sholat - Sujud Tilawah : Pengertian, Hukum, Tata Cara dan Bacaan Doa (Pixabay)

"Agar pelayanan kesehatan kepada Jemaah tetap berjalan baik dan lancar," ujar dr. Romi.

Adapun inisiator dari tilawah quran adalah dokter spesialis bedah KKHI Makkah, dr. Sagiran Kromo Sukardi. Tujuannya agar makna dari setiap ayat yang dibacakan dapat diresapi dan menjadi penyemangat dari tim KKHI Makkah dalam memulai pelayanan setiap harinya.

"Sehingga saya berpikir bagaimana kalau teks doa saya share, untuk semua membaca, merenungi bahkan sampai implementasi semangat doa saat kita menjalankan tugas," ucap dr. Sagiran.

Surat yang dibacakan setiap harinya berbeda-beda. Setelah tilawah, dilanjutkan dengan pembacaan dzikir doa, mulai dari permohonan kemudahan dalam bekerja, perlindungan atas berbagai musibah, penyakit-penyakit yang sulit disembuhkan dan berbahaya dan terakhir doa untuk kesehatan jemaah dan petugas.

"Dan ditutup dengan doa sapu jagat, bershalawat, dan hamdalah," jelas dr. Sagiran.

Baca Juga: Data KKIH: Penyakit Jantung Paling Banyak Diderita Jemaah Haji

Tilawah quran menjadi bagian dari spiritual program yang dilakukan di KKHI Makkah. Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan kepada jemaah haji Indonesia, tapi menjalankan profesi dengan sebaik baiknya

Komentar