facebook

5 Pantangan Haid, Hindari Konsumsi Banyak Kopi hingga Tidur Larut Malam

Agatha Vidya Nariswari
5 Pantangan Haid, Hindari Konsumsi Banyak Kopi hingga Tidur Larut Malam
Ada pantangan saat haid. Apa saja kira-kira? Ilustrasi Pembalut Menstruasi (Pixabay)

Apa saja pantangan saat haid? Berikut informasi selengkapnya.

Suara.com - Haid atau tamu bulanan kerap membuat banyak wanita enggan melakukan berbagai hal karena kondisi tubuh yang sedang tidak nyaman, seperti lemas, lelah, pusing, kram perut, hingga bad mood.

Nyatanya, ada berbagai hal yang menjadi pantangan saat haid. Sebab, ini bisa mengganggu kesehatan dan membuatmu merasa lebih buruk. Apa saja kira-kira pantangan haid? Berikut daftarnya.

1. Mengonsumsi Makanan Asin dan Olahan Susu

Bagi yang mengidam makanan asin di waktu haid, ada baiknya kamu tidak terlalu memenuhi keinginan itu. Sebab, jenis asupan seperti ini mempengaruhi retensi air dan membuat perut kembung serta kram yang cukup parah di area tersebut.

Baca Juga: 3 Amalan Idul Adha Bagi yang Haid, Mendatangkan Pahala yang Berlimpah

Sama halnya dengan makanan asin, mengonsumsi olahan susu saat haid bukanlah ide yang bagus. Perubahan hormon serta perut yang penuh dengan gas di waktu ini sudah cukup membuatmu tidak nyaman, apalagi harus diperparah oleh hasil pencernaan produk olahan susu. 

2. Tidak Mengganti Pembalut Lebih dari 4 Jam

Aktivitas yang padat mungkin membuatmu lupa atau malas untuk mengganti pembalut. Namun, pada dua hingga tiga hari pertama, pastikan rutin mengganti pembalut setiap tiga sampai empat jam.

Tak hanya menghindari 'bocor', penggantian secara rutin ini juga akan membantumu terjauh dari aroma tidak sedap serta perkembangan bakteri yang dapat berujung infeksi.

3. Tidur Larut Malam atau Begadang

Baca Juga: Berhubungan Seks Saat Menstruasi, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

Tidur menjadi aktivitas penting yang dibutuhkan tubuh, terlebih saat kamu sedang haid. Waktunya yang sedikit akan meningkatkan hormon kortisol yang berdampak pada gangguan keseimbangan dan memperburuk kondisi tubuh. Maka, pastikan tidak tidur larut malam bahkan begadang.

Komentar