facebook

Jangan Ragu Berhubungan Seks Usai Operasi Caesar, Ini Posisi Seks Terbaik dan Terburuk!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Ragu Berhubungan Seks Usai Operasi Caesar, Ini Posisi Seks Terbaik dan Terburuk!
Hubungan Seks Setelah Melahirkan. (Elements Envato)

Ada posisi seks terbaik dan terburuk untuk dilakukan setelah operasi caesar.

Suara.com - Ada beberapa hal yang harus diingat ketika memutuskan untuk berhubungan seks setelah operasi caesar. Faktor yang harus dipertimbangkan adalah bekas luka operasi caesar, pendarahan vagina dan kondisi emosioanl. 

Selain hal itu, Anda juga harus mempertimbangkan kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk tingkat kekuatan Anda dan metode pengendalian kelahiran Anda sebelum berhubungan seks. 

Banyak orang mungkin mengira wanita yang melahirkan secara operasi caesar bisa langsung berhubungan seks, karena mereka tidak mengalami banyak trauma vagina. 

Faktanya dilansir dari Flo Health, wanita yang melahirkan secara operasi caesar bisa menunda berhubungan seks setidaknya sampai melakukan pemeriksaan pascapersalinan 6 minggu. 

Baca Juga: Posisi Seks Bisa Meningkatkan Risiko ISK pada Wanita, Hati-Hati ya!

Berhubungan seks langsung setelah 4 minggu operasi caesar bisa menyebabkan komplikasi, seperti infeksi. 

Karena, 6 minggu adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan rahim untuk kembali ke ukuran normal, serviks untuk menutup, dan sayatan operasi caesar untuk sembuh. 

Ilustrasi berhubungan seks, bercinta, masalah seksual (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)
Ilustrasi berhubungan seks, bercinta, masalah seksual (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)

Tapi, 6 minggu ini juga berarti Anda siap untuk melanjutkan hubungan seksual setelah melahirkan. Pertimbangkan juga kesehatan mental Anda. 

Anda harus tahu bahwa proses penyembuhan itu tidak linear. 

Dalam kata lain, Anda mungkin merasa sangat antusias pada satu waktu dan benar-benar terpuruk di kemudian hari. Terkadang, seks pertama kali setelah melahirkan menyebabkan pendarahan 

Baca Juga: WHO Khawatir Penularan Cacar Monyet ke Wanita Hamil, Mengapa?

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan posisi seks terbaik dan terburuk setelah melahirkan secara operasi caesar. 

1. Posisi seks terbaik setelah operasi caesar 

Jika Anda siap untuk mulai berhubungan seks lagi, tetapi belum siap untuk memperburuk area yang baru saja dioperasi, ada beberapa posisi seks yang mungkin Anda sukai. 

Posisi seks woman on top mungkin pilihan terbaik setelah operasi caesar, karena memberi Anda kendali penuh. Anda dapat memutuskan kedalaman penetrasi dan tingkat kontak dengan perut Anda. 

Posisi seks ini juga memungkinkan Anda untuk bergerak dengan cara yang paling nyaman bagi Anda. Selain itu, posisi seks ini juga menjaga tekanan dari area sayatan lunak. 

2. Posisi seks terburuk setelah operasi caesar 

Setelah persalinan caesar, mungkin sulit untuk menemukan posisi seks yang cocok untuk Anda. Jangan ragu untuk bereksperimen. Jika Anda merasa tidak nyaman, berhentilah. 

Posisi seks yang menyebabkan Anda mengejan atau menekan bekas luka operasi caesar Anda harus dihindari. Meskipun rasa sakit saat berhubungan seks setelah kehamilan adalah hal biasa, posisi seks apa pun tak sepadan dengan rasa sakitnya. 

Selama beberapa bulan pertama, Anda mungkin merasakan posisi seks seperti misionaris, memberi terlalu banyak tekanan pada area di sekitar bekas luka operasi Anda. 

Anda bisa mengatasinya dengan melakukan posisi seks doggy sampai bekas luka Anda benar-benar sembuh, karena memberi tekanan pada inti dan daerah panggul.

Komentar