facebook

Apa Itu Hemoglobin Rendah? Gangguan Kesehatan yang Sempat Dialami Ruben Onsu

Risna Halidi | Lilis Varwati
Apa Itu Hemoglobin Rendah? Gangguan Kesehatan yang Sempat Dialami Ruben Onsu
Potret Ruben Onsu Kembali Dirawat di ICU (YouTube/The Onsu Family)

Hemoglobin atau Hb adalah protein yang berada di dalam sel darah merah. Protein tersebut yang membuat darah berwarna merah.

Suara.com - Presenter Ruben Onsu sempat dirawat di rumah sakit beberapa waktu lalu. Setelah berhasil sembuh, Ruben bercerita kalau tubuhnya sempat alami penurunan hemoglobin (Hb) sangat drastis, yaitu hanya 4 g/dL.

Jumlah tersebut sangat rendah dari kadar normal hB pada laki-laki dewasa, yaitu 13-17 g/dL. Apabila kadar hB lebih tinggi atau terlalu rendah dari jumlah tersebut, hal iti bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan

Dikutip dari Alo Dokter, hemoglobin atau Hb adalah protein yang berada di dalam sel darah merah. Protein tersebut yang membuat darah berwarna merah.

Selain memberi warna, Hb juga berfungsi membantu sel darah merah mendapatkan bentuk alaminya, yaitu bulat dengan bagian tengahnya lebih pipih.

Baca Juga: Tyas Mirasih dan Tengku Tezi Disebut Bakal Menikah Tahun Ini

Dengan bentuk seperti itu, sel darah merah dapat dengan mudah bergerak dan mengalir di dalam pembuluh darah.

Kadar Hb terlalu rendah seperti yang dialami Ruben Onsu menandakan tubuh mengalami anemia.

Beberapa penyebab Hb rendah, misalnya kehilangan darah, gangguan fungsi ginjal dan sumsum tulang, paparan radiasi, juga bisa kekurangan nutrisi seperti zat besi, folat, dan vitamin B12.

Ketika Hb tidak dapat berfungsi dengan baik, tubuh akan mengalami beberapa gejala berupa lemas dan cepat lelah, sakit kepala dan pusing, kulit terlihat pucat, dada berdebar, serta sesak napas.

Kadar Hb yang rendah juga bisa terjadi akubat kelainan genetik. Sehingga mengganggu pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Penyakit itu dikenal dengan porfiria.

Baca Juga: Hits Health: Kemungkinan Lesi Otak Ruben Onsu Bisa Sembuh, Binaragawan Internasional Kesulitan Berjalan Sendiri

Untuk meningkatkan jumlah dan fungsi hemoglobin, bisa dengan mengonsumsi obat penambah darah atau makanan yang kaya akan zat besi, folat, dan vitamin B12, seperti daging, ikan, telur, dan sayuran.

Komentar