facebook

Brad Pitt Diduga Alami Prosopagnosia, Bisakah Kondisi Ini Diobati?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Brad Pitt Diduga Alami Prosopagnosia, Bisakah Kondisi Ini Diobati?
Aktor Hollywood Brad Pitt. (Shutterstock).

Brad Pitt menderita prosopagnosia, yang mana kondisi ini belum ada pengobatannya.

Suara.com - Brad Pitt sedang mengalami kesulitan mengenali wajah orang. Hal ini membuatnya khawatir orang-orang menjadi memandangnya sombong atau suka menyendiri.

"Begitu banyak orang yang membenci saya, karena mereka pikir saya tidak menghormati mereka karena sulit mengenali wajahnya," kata Brad Pitt dikutip dari The Sun.

Dalam istilah medis, kesulitan mengenali wajah orang lain yang dialami Brad Pitt dikenal sebagai prosopagnosia.

Saat ini dilansir dari NHS, belum ada pengobatan khusus untuk prosopagnosia. Tetapi, para peneliti terus menyelidiki semua kemungkinan yang menyebabkan kondisi tersebut.

Baca Juga: Studi: Mutasi Virus Corona Bikin Gejala Anosmia Semakin Jarang Ditemukan

Program pelatihan mengenai hal ini pun sedang dikembangkan untuk membantu penderita mengenali wajah orang lain.

Brad Pitt (Adrian DENNIS / AFP)
Brad Pitt (Adrian DENNIS / AFP)

Pada beberapa orang dengan prosopagnosia, strategi kompensasi yang membantu pengenalan orang atau teknik yang mencoba mengembalikan mekanisme pemrosesan wajah yang normal cukup bekerja baik.

Usai seseorang ketika terkena prosopagnosia, jenis, tingkat keparahan cedera otak dan waktu perawatan dianggap sebagai faktor penting dalam seberapa efektif program rehabilitasi nantinya.

Banyak orang dengan prosopagnosia mengembangkan strategi kompensasi untuk membantu mereka mengenali orang, seperti mengenali suara seseorang, pakaian atau cara mereka berjalan.

Tetapi strategi kompensasi berdasarkan isyarat kontekstual tidak selalu berhasil dan mungkin cenderung gagal ketika orang dengan prosopagnosia bertemu dengan orang yang dikenal di lokasi tak terduga atau telah mengubah penampilan mereka.

Baca Juga: Ada Cara Khusus Agar Daging Kurban Bebas Virus PMK

Komentar