Kenali Tanda-tanda Gangguan Kesehatan pada Anak

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Kenali Tanda-tanda Gangguan Kesehatan pada Anak
Ilustrasi gangguan kesehatan. (Dok: Istimewa)

Demam tinggi yang tidak turun dengan obat yang juga disertai muntah atau diare berlebihan.

Suara.com - Menurut AshefaNews, Pada umumnya seseorang yang memiliki masalah pada kesehatan akan menunjukan tanda-tanda umum gangguan kesehatan misalnya adalah nyeri dada, sesak nafas, sakit kepala, batuk dan muntah darah, dan gangguan penglihatan. Yuk simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui cara mencegah masalah kesehatan pada anak.

Tidak diragukan lagi bahwa anak-anak menghadapi lebih banyak masalah kesehatan daripada sebelumnya. Dari masalah kesehatan mental hingga obesitas dan segala sesuatu di antaranya, sepertinya anak-anak kita menghadapi lebih banyak masalah daripada yang pernah kita alami di usia mereka. Dan meskipun tergoda untuk menghapus ini sebagai tanda zaman, kenyataannya masalah ini nyata dan memengaruhi anak-anak kita dengan cara yang sangat nyata. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi beberapa masalah kesehatan paling umum yang dihadapi anak-anak saat ini dan apa yang dapat kami lakukan untuk membantu mereka. Dari pola makan dan olahraga hingga dukungan kesehatan mental, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memastikan anak kita sehat dan bahagia.

Masalah kesehatan umum pada anak-anak

Ada banyak masalah kesehatan umum yang dapat mempengaruhi anak-anak. Beberapa yang paling umum termasuk:

Baca Juga: Tak Cuma Sebabkan Anak-anak Trauma, Wanita Pelaku Pencabulan Juga Bikin Suami Syok dengan Kelakuannya

• Asma – Ini adalah kondisi paru-paru kronis yang menyebabkan kesulitan bernapas.

• Alergi – Ini dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk ruam kulit, bersin, dan mata berair.

• Infeksi telinga – Ini sering terjadi pada anak kecil dan dapat menyebabkan nyeri dan demam.

• Masalah gastrointestinal – Ini bisa termasuk sakit perut, diare, dan konstipasi.

• Infeksi pernapasan – Ini dapat menyebabkan batuk, mengi, dan demam.

Baca Juga: Kronologi Mama Muda Cabuli Belasan Anak Pakai Iming-Iming Rental PS, Suami Tak Tahu Hubungannya Dipertontonkan

Tanda-tanda gangguan kesehatan pada anak

Kali ini kami akan tuliskan tanda-tanda gangguan kesehatan pada anak-anak, catat baik baik ya!

Ada beberapa tanda yang mungkin menandakan anak Anda mengalami masalah kesehatan. Jika anak Anda memiliki salah satu dari gejala berikut, penting untuk menghubungi dokternya atau membawanya ke ruang gawat darurat:

  1. Demam tinggi yang tidak turun dengan obat
  2. Muntah atau diare yang berlebihan
  3. Kelesuan ekstrim atau kelelahan
  4. Perubahan kondisi mental atau perilaku, seperti kebingungan, lekas marah, atau peningkatan agresi
  5. Kehilangan kesadaran atau aktivitas kejang
  6. Mudah merasa letih
  7. Masalah pada gangguann berbicara
  8. Kesulitan dalam melihat jarak jauh
  9. Tubuh terlalu kurus atau gemuk
  10. Nafsu makan menurun

Jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala ini, jangan ragu untuk menghubungi dokter mereka. Diagnosis dini dan pengobatan masalah kesehatan dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang anak Anda.

Penyebab gangguan kesehatan pada anak

Ada banyak faktor yang berbeda yang dapat berkontribusi terhadap masalah kesehatan pada anak-anak. Beberapa yang paling umum termasuk:

- kemiskinan atau kondisi hidup yang buruk: anak-anak yang hidup dalam kemiskinan atau kondisi hidup yang buruk lebih mungkin menderita masalah kesehatan karena kurangnya akses ke kebutuhan dasar seperti air bersih dan gizi yang layak.

- penyakit kronis: anak-anak yang menderita penyakit kronis seperti asma atau diabetes juga berisiko lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan lainnya.

- penyalahgunaan atau pengabaian: anak-anak yang dilecehkan atau diabaikan lebih mungkin mengalami masalah kesehatan fisik dan mental di kemudian hari.

- kelainan genetik: beberapa gangguan kesehatan disebabkan oleh kelainan genetik yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya.

- paparan racun: anak-anak juga dapat terpapar racun berbahaya di lingkungannya, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Pencegahan gangguan kesehatan pada anak

Salah satu cara terbaik untuk mencegah masalah kesehatan pada anak-anak adalah dengan memastikan bahwa mereka mendapatkan vaksinasi terbaru. Vaksin melindungi anak-anak dari berbagai penyakit serius dan terkadang mematikan, termasuk campak, polio, dan batuk rejan.

Selain vaksinasi, orang tua dapat membantu mencegah gangguan kesehatan pada anak dengan mengajarkan kebiasaan hidup bersih yang baik, seperti sering mencuci tangan dengan benar. Nutrisi yang baik juga penting untuk mencegah gangguan kesehatan pada anak. Diet seimbang membantu anak-anak tumbuh dan berkembang dengan baik dan memberi tubuh mereka nutrisi yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Terakhir, olahraga teratur penting untuk mencegah masalah kesehatan pada anak. Olahraga membantu menjaga anak tetap bugar dan sehat, serta dapat membantu mengurangi risiko obesitas, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Kapan harus ke dokter

Jika anak Anda mengalami gejala medis apa pun, sebaiknya temui dokter untuk menyingkirkan masalah kesehatan yang serius. Meskipun menurut Anda masalahnya kecil, selalu lebih baik aman daripada menyesal. Jika anak Anda mengalami salah satu gejala berikut, segera buat janji dengan dokter:

-Demam (lebih dari 100 derajat Fahrenheit)

- Batuk atau mengi yang terus-menerus

-Sulit bernafas

- Muntah atau diare yang berlangsung lebih dari 24 jam

-Ram atau iritasi kulit yang tidak kunjung hilang setelah beberapa hari

- Nyeri atau pembengkakan sendi yang tiba-tiba

-Perubahan perilaku yang tidak biasa

Kesimpulan

Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyerang anak, mulai dari penyakit ringan hingga kondisi yang lebih serius. Penting bagi orang tua untuk mengetahui masalah ini sehingga mereka dapat mencari bantuan medis jika anak mereka terkena. Dalam kebanyakan kasus, diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu meningkatkan prognosis dan kualitas hidup anak-anak dengan masalah kesehatan.