7 Alasan Kenapa Sebaiknya Jangan Ikut Campur Kehidupan Orang Lain

Angelina Donna
7 Alasan Kenapa Sebaiknya Jangan Ikut Campur Kehidupan Orang Lain
Ilustrasi (malesbanget)

Ngapain sih kamu pake ngurus-ngurusin kehidupannya orang lain.

Uwoo, kalau ngomongin tentang Indonesia itu nggak lengkap rasanya kalau kita nggak ngebahas tentang kebiasaan masyarakatnya (termasuk kamu) yang suka ngurusin kehidupan orang lain. Mungkin ini kali ya yang jadi salah satu alasan kenapa media sosial itu begitu laris bagi penduduk Indonesia. Udah pada kepoan tentang kehidupan orang lain, terus berlanjut pengen sok-sok ngurusin dan kemudian sampailah pada level pengen ikut campur. Kalau kamu pernah dan sering ikut campurin kehidupan orang, mending kamu insyaf deh karena...

1. Urusan Kamu Kan Udah Banyak

Ngapain sih kamu pake ngurus-ngurusin kehidupannya orang lain. Sementara kamu kan punya kehidupan sendiri dengan segala permasalahannya. Ya, kecuali pekerjaan kamu itu konsultan, psikolog atau motivator gitu baru boleh lah kamu sedikit ngasih saran buat kehidupan orang lain. Kalau bukan ya nggak usah sih ikut campurin urusannya orang. Gini ya, MBDC minta kamu untuk nggak usah ngurusin dan ikut campur kehidupan orang lain itu bukan berarti MBDC minta kamu jadi orang yang cuek dan antipati. Ngasih tau orang untuk berbuat baik dan menjauhi hal-hal negatif sih boleh aja, tapi jangan ikut campur dalam permasalahan pribadi orang lain sementara kamu nggak diminta untuk terlibat di dalamnya. Daripada kamu ngurusin masalah orang kan mending kamu urusin hidup kamu, daripada ntar...

2. Jadi Pusing Sendiri

Kamu aja ngurusin kehidupan kamu udah keteteran dan sering ngeluh, ini pake acara ngurusin kehidupannya orang lain. Yang ada kamu bakalan jadi pusing sendiri karena dengan ikut ngurusin masalah yang sebenarnya bukan dalam wilayah kamu buat ikut campur. Nah kalau kamu nggak diminta ikut ngurusin masalah tersebut ya mending kamu melipir aja pergi ke tempat pijit buat ngilangin rasa penat, pusing dan cenut-cenut yang sempat menghinggapi kepala kamu.

3. Kamu Nggak Ada Kemajuan

Dengan ngurusin kehidupan orang lain, itu nggak akan merubah apapun dalam kehidupan kamu. Karena fokus kamu itu cuma tentang kehidupan dan permasalahan orang lain, sementara hidup kamu sendiri stuck di situ-situ aja. Coba deh renungin kenapa selama ini karir kamu nggak naik-naik? Usaha kamu nggak berkembang atau prestasi kamu biasa-biasa aja. Itu semua karena kamu terlalu sibuk ngurusin segala masalah yang sebenernya bukan permasalahan kamu.

4. Nanti Jatuhnya Malah Gosip

Ketika kamu mulai kepo dan ngurusin permasalahan orang lain, maka akan ada kecenderungan bagi kamu untuk nyeritain masalah tersebut dengan orang lainnya lagi. Kamu tau nggak kalau kegiatan kamu nerus-nerusin cerita berantai gitu ntar bisa malah jadi gosip. Nah kalau berita yang asalnya dari kamu itu udah berkembang menjadi gosip, kamunya bisa apa coba? Tanggung jawab seperti apa yang bisa kamu lakukan sama orang yang udah jadi bahan gosip itu. Palingan kamu cuma bisa minta maaf dan itu juga nggak bakalan ngerubah keadaan. Karena apabila sebuah gosip itu sudah dihembuskan, dia nggak akan bisa ditarik kembali. Nah lo!

5. Yang Kamu Urusin Juga Belum Tentu Seneng

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS