Studi: Punya Banyak Anak Lebih Bahagia

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Studi: Punya Banyak Anak Lebih Bahagia
Ilustrasi. (Shutterstock)

Banyak anak bisa menjadi hiburan bagi orangtuanya.

Suara.com - Ada anggapan bahwa banyak anak mendatangkan banyak rezeki. Namun dengan biaya pendidikan dan perawatan anak yang semakin tinggi akankah orangtua lebih bahagia memiliki banyak anak?

Sebuah penelitian terkini yang dilakukan dr Bronwyn Harman dari Aucland University Techology menjawabnya. Dalam penelitian yang dilakukannya selama lima tahun, ia menemukan bahwa semakin banyak anak maka tingkat kebahagiaan yang dirasakan orangtua justru semakin tinggi.

Idealnya ia menyebut bahwa pasangan memiliki keturunan sebanyak empat anak untuk mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup. Alasannya, anak-anak dari keluarga besar memiliki ikatan yang kuat satu sama lain dan terhadap orangtuanya. Ikatan ini yang membuat mereka mampu mendukung orangtua dalam merawat adik-adik mereka.

Anak yang banyak juga bisa menjadi hiburan bagi orangtuanya. Hasilnya, rumah akan selalu dilingkupi dengan tawa dan kebahagiaan.

Untuk mendapatkan temuan ini Harman mewawancarai 950 orangtua selama lima tahun untuk mengukur tingkat kebahagiaan mereka.

"Mereka yang memiliki anak banyak ternyata memiliki pengalaman yang menyenangkan dan banyak alasan untuk merayakan kebahagiaan di rumah mereka," katanya.

Selain itu survei juga melansir bahwa menjadi ayah tunggal merupakan pengalaman hidup yang sangat berat bagi mereka. Ayah tunggal seringkali berjuang lebih besar untuk membesarkan anak mereka. Namun setelah berhasil melewati masa sulit mereka akan lebih bahagia dan memiliki ikatan kuat antara ayah dan anak. (Foxnews)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS