Yuk, Menari dan Rasakan Manfaat Menakjubkan Ini!

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Yuk, Menari dan Rasakan Manfaat Menakjubkan Ini!
Ilustrasi. (Shutterstock)

Tak hanya menyenangkan, menari ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh.

Suara.com - Sebagian orang mencoba menyelaraskan gerakan tubuh dengan irama musik melalui tari. Jika selama ini tari cenderung dikaitkan dengan penyalur hobi, penelitian yang dilansir Medical Daily menemukan bahwa menari memiliki manfaat menakjubkan yang tak pernah disadari pelakunya.

Salah satunya adalah meningkatkan kinerja otak. Saat menari otak mengatur kapan bagian tubuh tertentu bergerak menyelaraskan irama musik yang dimainkan. Oleh karena itu peneliti percaya bahwa menari sama dengan melatih fungsi otak.

Tak hanya itu ada beberapa manfaat menakjubkan lainnya dari menari, berikut ulasannya.

1. Meningkatkan memori otak
Menari dapat meningkatkan fungsi otak melalui berbagai tingkatan. Pasalnya saat bergerak, otot akan belajar untuk melakukan gerakan tarian secara otomatis.

Menurut neuroscientist, Daniel Glaser, hal ini terjadi karena gerakan benar-benar dipetakan dalam otak, sehingga menciptakan tanpa jeda antara berpikir dan melakukan gerakan.

Meskipun memori otak tidak benar-benar dapat membedakan antara gerakan yang benar dan yang salah, beberapa penelitian menunjukkan endorfin yang dilepaskan setelah tubuh melakukan gerakan yang benar dapat meningkatkan fungsi kognitif.

2. Meningkatkan ukuran cerebellum
Membiasakan tubuh bergerak sesuai dengan irama dapat menyebabkan pergeseran aktivitas di otak besar yang berperan mengontrol keseimbangan. Hal ini turut meningkatkan volume otak besar sehingga memungkinkan tubuh bergerak dengan leluasa.

3. Membuat otak awet muda
Menari membuat otak ditempa dan pada gilirannya dapat memperbaiki hubungan antar saraf di otak. Ini bukti bahwa menari mengintegrasikan beberapa fungsi otak yang terlibat seperti menyelaraskan irama musik, dan emosi, yang dapat meningkatkan konektivitas otak. Pada gilirannya hal ini membuat otak awet muda sehingga kemampuan berpikir tetap prima.

4. Mencegah penyakit otak
Menari dapat menangkal penyakit otak dan meningkatkan ketajaman mental pada semua umur. Bahkan studi 2013 mendapati bahwa menari dapat membantu menurunkan risiko demensia dan Alzheimer pada orang lanjut usia.

Jadi tunggu apalagi, yuk menari!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS