Buang Lemak Membandel Usai Melahirkan, Coba Perawatan Ini

Chaerunnisa | Dinda Rachmawati
Buang Lemak Membandel Usai Melahirkan, Coba Perawatan Ini
Ilustrasi perempuan menjalani treatment membuang lemak di perut (Shutterstock)

Untuk menghilangkan lemak setelah melahirkan, Anda dapat mencoba perawatan tubuh.

Suara.com - Kehamilan membuat perempuan mengalami beberapa perubahan signifikan, salah satunya bentuk tubuh mereka yang tak lagi sama atau Post-baby Bump.

Menurut dr. Riccawati Santoso dari Jakarta Aesthetic Clinic, kondisi ini sering disebut sebagai Post-baby Bump. Selama kehamilan, kata dr. Ricca, terjadi penimbunan lemak di beberapa bagian tubuh perempuan, terutama perut. Ini yang kerap mengganggu karena cukup memengaruhi penampilan.

"Tubuh setelah kehamilan membutuhkan penyesuaian, mungkin akan turun lima sampai 6 kg, tapi tetap akan ada sisa tempelan-tempelan lemak. Ini akan menetap, dan mengganggu penampilan," ungkapnya dalam talkshow Friendship and Beauty yang diadakan Jakarta Aesthetic Clinic, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2017).

Post-baby Bump, lanjut Ricca, bisa ditandai dengan penimbunan yang melebar di bawah bagian perut, tidak rata, terlihat menggantung. Biasanya juga disertai kekenduran kulit, selulit dan stretchmark.

Sayangnya, diet seimbang dan olahraga teratur tidak begitu efektif untuk menghilangkan penimbunan lemak pascamelahirkan. Pasalnya, lemak-lemak tersebut berada di bawah kulit atau yang disebut lemak luar.

Sementara itu, diet seimbang dan olahraga teratur yang menyehatkan bermanfaat untuk menghilangkan lemak dalam yang menempel pada beberapa organ.

"Diet dan olahraga yang hilang adalah lemak dalam dulu, jadi pipi keburu cekung, badan kecil, tapi lemak di perut masih. Karena Post-baby Bump adalah lemak di bawah kulit, jadi dia adalah lemak yang akan hilang terakhir," ungkapnya.

Untuk menghilangkan Post-baby Bump dan mengembalikan bentuk tubuh, selain diet seimbang dan olahraga teratur, Ricca menyarankan para perempuan menjalani treatment CoolSculpting.

Perawatan yang tersedia di Jakarta Aesthetic Clinic ini adalah sebuah teknik membentuk, dan mengembalikan tubuh ke bentuk normal, sesuai dengan kecil atau besarnya bagian tubuh perempuan setelah melahirkan. Sehingga, hasilnya akan terlihat lebih natural.

Perawatan ini akan langsung bekerja pada lemak di bawa kulit, di mana lemak akan dikristalisasi atau dibekukan dengan sebuah alat seperti vacum dengan suhu -11 derajat.

"Setelah lemak divacum selama 30-45 menit, lemak dibekukan. Lemak tidak tahan terhadap dingin, perlahan-lahan dia akan mati. Satu hingga tiga bulan kita akan melihat perubahan area yang disusutkan," ungkapnya.

Dengan perawatan ini, lanjut dia, kulit tidak akan kendur karena bekerja mengeluarkannya perlahan-lahan. Lemak akan hilang melalui urine, dan keringat selama satu sampai tiga bulan, sehingga kulit dan tubuh dapat beradaptasi.

"Bagi yang pernah operasi perut, seperti caesar, sebaiknya setelah satu tahun baru lakukan treatment," tandasnya.

Perawatan ini tak hanya cocok untuk menghilangkan Post-baby Bump, tapi juga menghilangkan lemak-lemak mengganggu di sekitar lengan, paha, pinggang, hingga double chin.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS