Alexa

Tolak Pinggang saat Rapat Bisa Tingkatkan Kinerja?

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Tolak Pinggang saat Rapat Bisa Tingkatkan Kinerja?
Ilustrasi rapat dengan pimpinan di kantor. (Shutterstock)

Psikolog mengungkap ada tidaknya pengaruh tolak pinggang dengan kinerja seseorang.

Suara.com - Anda mungkin pernah mendengar, power pose dapat meningkatkan kepercayaan diri pada saat-saat tertentu, seperti memimpin rapat, dan dapat membuat kinerja lebih baik.

Power pose sendiri adalah sikap tubuh positif yang menggambarkan perasaan berkuasa, dominan, menang, dan percaya diri. Jadi, kalau tubuh berpose layaknya pemenang, otak akan mengirimkan sugesti bahwa Anda baru saja memenangkan sesuatu.

Salah satu power pose yang banyak dilakukan oleh para pekerja adalah posisi bertolak pinggang. Namun, hal di atas seakan terpatahkan dengan adanya penelitian baru yang menunjukkan bahwa pose ini mungkin tidak akan meningkatkan kesuksesan Anda.

Melakukan power pose mungkin dapat membantu Anda merasa kuat, tapi ini tidak akan mempengaruhi peningkatan kinerja.

"Merasa kuat mungkin membuat Amda merasa lebih baik, tapi dengan sendirinya pose ini tidak diterjemahkan ke dalam perilaku yang kuat dan efektif," kata Joseph Cesario, penulis studi utama dan profesor psikologi asosiasi di Michigan State University dalam sebuah pernyataan.

Studi baru ini, jelas dia, diikuti oleh sejumlah peserta yang lebih banyak daripada semua studi lain mengenai topik ini. Hasilnya menunjukkan, secara tegas bahwa melakukan power pose seperti bertolak pinggang tidak berpengaruh pada tindakan perilaku atau kognitif apa pun.

Cesario dan tim melakukan 11 percobaan total dan membaginya menjadi dua studi terpisah dan mendapati tidak ada bukti nyata yang menguatkan pernyataan ilmiah bahwa power pose tersebut berpengaruh pada kinerja.

Studi pertama dipublikasikan di jurnal Comprehensive Results in Social Psychology dan yang kedua dipublikasikan di jurnal Social Psychological and Personality Science.

Studi pertama melihat bahwa power pose memang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Peneliti menguji untuk melihat apakah pose ini dapat meningkatkan kinerja, seperti wawancara kerja, namun tidak satu pun dari tujuh eksperimen total dapat mengkonfirmasi temuan sebelumnya. Dan, pada kenyataannya, penelitian menunjukkan bahwa pose ini tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja.

Studi kedua menguji peserta dalam skenario baru menggunakan desain eksperimen yang berbeda. Sekali lagi, para peneliti tidak menemukan bukti di keempat penelitian bahwa power pose berdampak pada hasil pekerjaan.

Jadi, bagi Anda yang mengandalkan pose ini sebelum mengadakan rapat besar, sebaiknya cobalah berpikir ulang dan mencoba hal lain untuk meningkatkan rasa percaya diri, seperti yang dilansir Huffington Post.

1. Mendengarkan musik di headphone
Cobalah memutar beberapa musik di headphone sebelum rapat. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Northwestern University menemukan bahwa mendengarkan musik dengan bass yang berat membuat seseorang merasa lebih kuat dan percaya diri setiap hari.

2. Pakailah warna merah
Pilih warna merah dari lemari Anda pada hari di mana Anda harus presentasi. Warna berani dikatakan dapat mempengaruhi perilaku seseorang dan terkait dengan kekuatan. Memakai warna merah juga membuat seseorang merasa lebih percaya diri dalam penampilannya.

3. Semprotkan aroma favorit
Aroma bisa membantu Anda mengumpulkan keberanian yang dibutuhkan. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas perempuan merasa lebih percaya diri saat mereka memakai parfum dibanding pergi tanpa harum parfum. Selain itu, sebuah penelitian pada 2009 juga menemukan bahwa cologne membantu lelaki mendapatkan dorongan kepercayaan diri dan semakin mereka menyukai aroma tersebut, mereka akan semakin percaya diri.

4. Lakukan selfie
Penelitian menunjukkan bahwa mengambil foto pribadi alias selfie dikaitkan dengan dorongan rasa percaya diri dari waktu ke waktu.
loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS