Ini Tantangan bagi Pebisnis Perempuan

Angelina Donna
Ini Tantangan bagi Pebisnis Perempuan

Orang masih memandang derajat lelaki lebih tinggi ketimbang perempuan.

Suara.com - Berbisnis semakin diminati dari hari ke hari. Bagaimana tidak? Jam kerja yang fleksibel dan untung yang menggiurkan menjadi alasan utama. Dahulu profesi sebagai pebisnis identik dengan kaum lelaki. Namun, zaman telah berubah. Wanita juga semakin banyak terjun menjadi pebisnis muda yang sukses.

Tidak ada yang bisa menentukan kesuksesan seseorang apa pun gendernya. Terlebih, tidak sedikit wanita cenderung lebih tertantang ketimbang pria dalam berbisnis. Sebelum melakukannya, jangan pernah menyerah.

Berikut ini adalah tantangan yang sering dihadapi perempuan saat menjadi pebisnis. Apa saja itu?

1.Berpandangan Lelaki Selalu Lebih Hebat daripada Perempuan
Pandangan tersebut masih ada di tengah-tengah masyarakat sekalipun zaman sudah semakin modern. Apalagi di daerah pedesaan atau perkampungan, orang masih memandang derajat lelaki lebih tinggi ketimbang perempuan.

Tapi, jangan pernah putus asa. Kaum perempuan harus bisa menunjukkan bahwa dirinya juga layak untuk mendapatkan posisi tertinggi dalam pekerjaan. Percayalah bahwa perempuan pasti bisa, lebih mampu ketimbang lelaki. Jangan menyerah sebelum mencobanya.

2.Sulitnya Membagi Waktu antara Pekerjaan dan Keluarga
Anda juga punya batas dalam melakukan setiap hal. Ada kalanya Anda harus memilih mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Setelah itu, barulah lanjut kepada aktivitas yang lain. Sama halnya dengan pebisnis. Sangat sulit untuk membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.

Agar keduanya bisa seimbang, pebisnis harus mampu untuk membagi waktu. Namun ingat, keluarga adalah prioritas utama. Jangan sampai Anda menghiraukan keluarga karena bisnis yang dijalankan.

3.Sulit Mengabaikan Opini Negatif dari Orang Lain
Wanita identik karena sifatnya yang sensitif. Ia cenderung lebih memakai perasaan ketimbang logikanya. Akhirnya, ia sering mengalami dilema yang bekepanjangan. Apalagi saat mendengar penilaian buruk dari orang lain tentang dirinya. Untuk menjadi wanita yang kuat, Anda bisa memulainya dari sekarang. Mulailah dengan melakukan hal kecil lebih dulu. Misalnya, melatih diri untuk berani tampil di depan umum.

Jika Anda terlalu pemalu, hilangkan sifat tersebut. Bangunlah diri Anda menjadi lebih percaya. Jadilah wanita yang lebih kuat dan tahan banting. Selaraskan perasaan dengan pikiran. Tujuannya agar Anda siap mendengar kritik jelek dari orang lain.

4.Kesulitan untuk Mencari Dana
Kebanyakan investor yang ada di Indonesia ialah lelaki. Namun, tidak menutup kemungkinan jika sebagian perempuan juga ada yang menjadi investor.Modal merupakan sesuatu yang sangat krusial. Tanpa adanya modal, bisnis tidak akan berjalan lancar sesuai harapan.

Di sinilah perempuan membutuhkan bantuan investor. Masalahnya masih ada saja investor yang lebih percaya kepada pebisnis pria. Lantas, cara apa yang sebaiknya dilakukan?
•    Yakinkan investor tersebut bahwa bisnis Anda layak untuk diberi pinjaman.
•    Jalankan bisnis unik yang menjadi kebutuhan banyak orang saat ini.
•    Bangun kepercayaan diri agar diri Anda bisa presentasi dengan maksimal di depan investor.

5.Kesulitan untuk Membangun Koneksi dengan Pebisnis Lain
Entah mengapa para lelaki lebih bisa membangun koneksi ketimbang perempuan. Sifat lelaki yang open minded menjadi pemicu mengapa lelaki bisa bergabung dengan banyak orang. Lagi pula, para prialah yang sering menduduki posisi penting dalam perusahaan. Para lelaki  juga cenderung lebih nyaman bekerja sama dengan sesama lelaki ketimbang perempuan.

Agar diri Anda layak dipertimbangkan, mulailah menjadi orang yang asyik. Bagaimana caranya?
•    Mulailah bergabung dan menyatu dengan kaum lelaki. Cara ini sangat ampuh karena Anda lebih bisa mengetahui bagaimana sifat lelaki pada umumnya.
•    Berpikiran terbuka.

6.Kebanyakan Menunggu Ketimbang Bertindak
Menunggu adalah sifat lahiriah dari perempuan. Bahkan, perempuan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menunggu ketimbang bertindak. Sifat jelek inilah yang harus disingkirkan dari sekarang. Jika kesulitan menemukan ide, lakukan pencarian dengan cepat. Amati keadaan sekitar untuk menangkap peluang bisnis. Bukan hanya menunggu hingga ide tersebut terlintas di pikiran Anda.

Menjadi seorang pebisnis itu memang sulit, apalagi bagi kaum perempuan. Namun, hal tersebut tidak terasa sulit lagi saat Anda bisa menghadapi tantangan di atas.Taklukan setiap tantangan yang ada untuk bisa sukses menjadi pebisnis.

 

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Tips Hemat Wujudkan Resepsi Pernikahan Impian

Resolusi Cerdas untuk Keuanganmu di Akhir Tahun 2017

Cara Melihat dan Membersihkan BI Checking agar Pengajuan Kredit Lolos

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Berpetualang di alam terbuka sambil menikmati hotel gantung adalah pengalaman yang ditawarkan oleh sebuah skylodge di kawasan Purwakarta, Jawa Barat.
.
Untuk bisa menjejak ke skylodge tertinggi di dunia ini Anda harus menanjaki tebing di Gunung Parang sejauh 500 meter!
.
Seperti apa keseruannya? Saksikan selengkapnya di Youtube Suaradotcom!
.
.
.
#video #videooftheday #gunungparang #skylodge #purwakarta #jawabarat #indonesia #travelling #explorepurwakarta #exploreindonesia #asia #suaradotcom

INFOGRAFIS