Sejak Bayi, Perempuan Lebih Kuat dari Laki-laki

Pebriansyah Ariefana | Risna Halidi
Sejak Bayi, Perempuan Lebih Kuat dari Laki-laki
Ilustrasi perempuan bekerja

Perempuan dipercaya mampu hidup lebih lama rata-rata enam bulan dari laki-laki dalam kurun waktu empat tahun.

Suara.com - Bukan hanya bisa hidup lebih lama dari laki-laki, perempuan juga dipercaya cenderung lebih mampu bertahan dari keadaan buruk seperti kelaparan dan epidemi.

Keunggulan harapan hidup perempuan sebenarnya sudah tinggi bahkan ketika mereka masih dalam masa-masa bayi dibanding ketika menginjak usia dewasa.

Bahkan dalam kondisi sulit, anak perempuan yang baru lahir cenderung lebih mampu bertahan hidup daripada anak laki-laki.

Meski angka kematian sangat tinggi untuk kedua jenis kelamin di usia lanjut, perempuan dipercaya mampu hidup lebih lama rata-rata enam bulan dari laki-laki dalam kurun waktu empat tahun.

Kata peneliti, ini disebabkan oleh faktor biologis seperti genetik atau hormon terutama estrogen, yang mampu meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh terhadap penyakit menular.

"Hasil yang kami dapat menambahkan sepotong jawaban dari teka-teki perbedaan gender dalam kemampuan bertahan hidup," kata periset yang dipimpin oleh Virginia Zarulli, seorang Asisten Profesor di Duke University, Durham, Amerika Serikat.

Dalam studi yang dipublikasikan jurnal Prosiding National Academy of Sciences, tim tersebut menganalisis data kematian yang telah tercatat selama 250 tahun pada orang-orang yang meninggal karena masalah kelaparan, penyakit atau kondisi tragis lainnya.

Data yang terbentang di tujuh populasi dunia tersebut menemukan fakta bahwa anak perempuan yang baru lahir lebih kuat daripada anak laki-laki karena faktor biologis tersebut. (Zeenews.India)

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat siang para pejuang kehidupan 💪
#QuotesOfTheDay

INFOGRAFIS