Lima Tips Perawatan untuk Lelaki Sebelum Hari Valentine

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Lima Tips Perawatan untuk Lelaki Sebelum Hari Valentine
Ilustrasi perawatan untuk lelaki. (Shutterstock)

Para lelaki juga wajib tampil bersih dan keren saat Hari Kasih Sayang tiba.

Suara.com - Perawatan menjelang Hari Kasih Sayang atau yang dikenal dengan Hari Valentine adalah wajib bagi setiap pasangan yang ingin tampil spesial di hari itu. Bukan cuma perempuan, tapi juga lelaki.

Nah, Anda juga ingin pasangan tampil keren, terawat, harum, dan bersih saat Hari Valentine nanti? Berikut tips perawatan yang bisa disarankan untuk para lelaki, seperti dilansir Times of India.

1. Pembersihan, pengencangan dan pelembab
Seperti perempuan, rutinitas yang biasa dikenal dengan CTM (Cleansing, Toning, dan Moisturising) ini, sama pentingnya bagi lelaki. Terlebih, lelaki umumnya lebih sering terkena polusi, asap knalpot mobil, asap rokok, dan polutan lainnya setiap hari yang merusak kulit. Selain itu, lelaki juga cenderung memiliki kulit lebih berminyak dan lebih tebal daripada perempuan. Karena itu, mereka perlu menggunakan pembersih wajah yang baik yang bisa bekerja pada semua jenis kulit.

Pembersihan sangat penting untuk membuat kulit menjadi bersih dan menghilangkan sel kulit mati. Gunakan pembersih ringan yang bisa membersihkan kulit tanpa membuatnya kering.

Lelaki sering malas membasuh muka sebelum pergi ke tempat tidur dan itu menyebabkan komedo. Pembersihan memang harus dilakukan untuk menghindari whitehead, blackhead dan jerawat.

Ilustrasi perawatan untuk lelaki. (Shutterstock)

Sedangkan pelembab, bisa membantu mencegah dari masalah kulit pecah-pecah, kering dan kusam. Kulit gatal cukup menyakitkan dan untuk menyembuhkan jenis kulit seperti itu, sangat penting untuk menerapkan krim pelembab pada kulit. Pelembab tebal bukan berarti yang memiliki formula berminyak, karena ada pelembab yang ringan dan menjaga kulit tetap terlindungi selama berjam-jam.

2. Pengelupasan kulit setiap hari
Pengelupasan kulit sangat penting untuk menghilangkan sel kulit mati yang terakumulasi dan bisa menyebabkan infeksi bakteri pada kulit. Pengelupasan kulit akan membantu melepaskan sel-sel mati dari permukaan kulit, membuat kulit wajah bercahaya dan sehat. Seminggu sekali, gunakan scrub wajah lembut untuk membantu menghaluskan kulit dan menghilangkan kekusaman.

Keuntungan lain dari melakukan pengelupasan wajah adalah melembutkan folikel rambut, yang berefek pada kulit lebih halus dan meminimalkan iritasi. Untuk jenis kulit kombinasi normal, gunakan scrub berbasis krim atau scrub berbasis gel untuk menghilangkan kotoran dari wajah.

3. Rawat bibir
Ilustrasi perawatan untuk lelaki. (Shutterstock)

Bibir yang cokelat dan pecah akibat merokok tentu akan terlihat buruk. Lip balm yang bagus adalah suatu keharusan untuk menyembuhkan semua masalah ini. Selain itu, menggunakan lip balm juga membuat kulit bibir lembut dan kenyal.

Dan, tahukah Anda bahwa bibir juga memiliki perubahan seiring berjalannya usia? Seiring berjalannya waktu, bibir mulai terlihat pecah-pecah. Lelaki tidak bisa menyembunyikan efek ini dengan make up. Karena itu, mereka harus selalu menerapkan lip balm dengan SPF tinggi di siang hari, dan lip balm yang menghidrasi dan bernutrisi di malam hari.

4. Manikur kuku dan jari-jari tangan
Bukan cuma diperuntukkan bagi perempuan, bahkan lelaki pun harus terus memperhatikan dan merawat tangan mereka. Kuku harus dipangkas rapi dan dibersihkan.

5. Pastikan jenggot dan kumis tetap bersih
Tidak apa-apa untuk memelihara jenggot, jika ini membuat para lelaki tampak lebih keren. Tapi, pastikan agar jenggot tetap bersih, sehingga tidak menyebabkan gatal ketika bermesraan dengan pasangan.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencuci jenggot dengan sabun cuci muka atau sampo. Seperti halnya keramas, langkah ini dapat menghapus minyak alami yang menjaga jenggot tetap sehat dan lembab.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS