Tips Kencan Pertama: Tidak Apa-Apa Cerita Soal Mantan

Vania Rossa
Tips Kencan Pertama: Tidak Apa-Apa Cerita Soal Mantan
Ilustrasi berkencan. ( Shutterstock )

Ternyata, tidak apa-apa, kok, cerita soal mantan di kencan pertama.

Suara.com - Salah satu tips sukses saat kencan pertama adalah jangan pernah membicarakan mantan.

Tapi, aturan tersebut tampaknya bisa segera Anda lupakan. Menurut seorang pakar kencan, James Preece, ternyata membicarakan mantan bisa menjadi petunjuk tentang bagaimana seseorang berperilaku dalam sebuah hubungan.

Dan dengan melihat seberapa sering pasangan Anda membicarakan tentang mantannya, Anda juga bisa langsung menilai apakah ia telah berada dalam tahap siap untuk membina hubungan baru dengan Anda.

Sebelum ini, orang berpikir bahwa membicarakan mantan pada kencan pertama menjadi pertanda bahwa orang tersebut tidak tertarik pada Anda. Tetapi Preece berpendapat, hal tersebut bisa jadi benar atau sebaliknya, tergantung pada bagaimana Anda menangani obrolan soal mantan ini.

"Jika Anda bisa bercanda tentang obrolan seputar mantan ini, ini adalah tanda yang jelas bahwa Anda siap untuk melanjutkan hubungan," katanya.

Psikolog kencan, Madeleine Mason, juga setuju bahwa percakapan tentang mantan dapat memberi Anda beberapa informasi penting. Jika percakapan soal mantan terdengar obsesif, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa orang tersebut belum selesai dengan mantannya, dan ia tidak siap secara emosional untuk memulai hubungan baru dengan Anda.

"Ini bisa jadi petunjuk yang berguna, untuk mengetahui apakah pasangan baru Anda hanya berniat untuk kencan santai," katanya seperti dilansir dari The Independent.

Sama halnya, jika pasangan baru Anda mulai bicara soal hal-hal buruk tentang mantannya, ini menunjukkan bahwa ia pun belum selesai dengan sang mantan, atau bahwa ia sebenarnya bukan orang yang baik. Kedua fakta ini sangat berguna untuk diketahui sejak dini.

Namun, pembicaraan soal mantan bisa jadi bermanfaat, misal bercerita tentang perbedaan prinsip antara dirinya dan mantan, atau hal-hal yang membuat mereka akhirnya tak bisa melanjutkan hubungan. Meski begitu, hindari menggali terlalu dalam mengenai penyebab hubungan yang gagal, karena ini bisa saja membuat calon pasangan Anda justru menjadi ilfil.

"Tidak ada salahnya bertukar cerita, karena pengalaman bersama mantan bisa jadi suatu petunjuk yang berharga untuk mengenal seseorang," katanya.

Berbicara tentang mantan juga bisa mengungkap unsur kepribadian seseorang, seperti seberapa percaya diri mereka.

Jika Anda atau pasangan baru Anda merasa cemburu dengan obrolan soal mantan ini, maka itu adalah sebuah peringatan yang lebih baik diketahui sekarang daripada nanti.

Meski begitu, Preece menyarankan agar Anda tak bercerita tentang deretan para mantan. "Cerita tentang dua mantan sudah lebih dari cukup.”

Cerita tentang memiliki banyak hubungan yang tidak pernah berjangka panjang, hal ini bisa mengindikasikan bahwa seseorang mungkin memiliki masalah dengan komitmen, atau menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang suka berganti-ganti pasangan.

Jadi, cerita tentang mantan seperti apa yang sebaiknya dibicarakan? “Cerita kencan yang lucu bisa jadi pemecah kekakuan di kencan pertama,” kata Preece.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS