Oat dan Gandum, Lebih Sehat Mana?

Rully Fauzi | Firsta Nodia
Oat dan Gandum, Lebih Sehat Mana?
Acara Quaker Oats di Jakarta (Suara.com/Firsta Nodia Putri)

Banyak dari Anda yang mungkin mengira oat sama dengan gandum.

Suara.com - Banyak dari Anda yang mungkin mengira oat sama dengan gandum. Padahal, kedua jenis bahan pangan ini berasal dari tanaman yang berbeda. Oat atau dalam bahasa ilmiah disebut Avena Sativa dipanen untuk diambil bijinya. Sedangkan gandum atau triticum spp sebenarnya adalah tanaman rerumputan.

Kerap dikonsumsi sebagai menu sarapan sehat, ternyata keduanya mengandung nilai gizi yang berbeda. Disampaikan spesialis gizi Dr dr Fiastuti Witjaksono SpG(K), oat lebih banyak mengandung serat larut seperti beta glucan yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

"Sedangkan tipe serat gandum adalah tidak larut yang bersifat laksatif sehingga dapat membantu melancarkan saluran cerna terutama yang memiliki masalah buang air besar (BAB),"ujar dr Fiastuti pada temu media yang dihelat Quaker Oats di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Meski sama-sama mengandung serat, penelitian pada 2002 lalu yang dilakukan Colorado State University juga menemukan bahwa oats lebih baik dalam menurunkan kolesterol LDL lebih besar dibandingkan gandum.

Fiastutu menambahkan, dalam 78 gram oats mengandung 8 gram serat. Dalam sehari tubuh membutuhkan sekitar 25 gram serat. Itu berarti konsumsi oats sebagai menu sarapan atau camilan sehat dalam sehari bisa membantu mencukupi kebutuhan serat selain dari menu makanan utama lainnya.

"Oatmeal itu karbohidrat dengan serat tinggi. Penyerapan pelan sehingga kadar gula naiknya pelan. Tidak fluktuatif. Kalau menu yang seratnya rendah, kadar gula darah lebih cepat naik sehingga berisiko menyebabkan diabetes dan ujung-ujungnya bisa ke stroke hingga gangguan jantung," tambah dia.

Oatmeal, kata Fiastuti juga cenderung lebih praktis disajikan dibandingkan gandum. Anda bisa menyajikannya dengan diseduh menggunakan air panas atau mengolahnya dalam bentuk overnights oats.

"Kalau gandum susah diolahnya, dibikin jadi roti, pancake. Tapi sudah dicampur yang lain-lain. Jadi yang kita tekankan menu yang cukup kenyang, mencegah makan makanan yang tidak bergizi dan praktis disajikan," tandasnya.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS