alexametrics

Bumbu Masak Asli Indonesia Diekspor Sampai ke Amerika

Vania Rossa | Firsta Nodia
Bumbu Masak Asli Indonesia Diekspor Sampai ke Amerika

Ada lebih dari 100 varian bumbu yang diproduksi untuk kebutuhan dalam negeri dan ekspor.

Suara.com - Hobi memasak kini tak hanya dijalani kaum perempuan, tapi juga lelaki. Sebagian besar pemasak pemula biasanya mencoba meracik masakan dengan paduan bumbu instan karena dianggap lebih praktis.

Di Indonesia sangat mudah untuk menemukan bumbu masak cepat saji, salah satunya Munik. Merek bumbu yang sudah ada sejak 1994 ini bahkan telah diekspor ke berbagai negara seperti Australia, Kanada, Hong Kong, Inggris, Amerika, Singapura, hingga Selandia Baru.

Ditemui dalam peluncuran buku berjudul 'Cita Rasa Indonesia: Ekspresi Kuliner William Wongso' di Jakarta, Rabu (9/5/2018), Annisa Aulia, Marketing Communication Munik Seasonings mengatakan bahwa bahan baku pembuatan bumbu masak Munik memang sepenuhnya berasal dari Indonesia. Kini, ada lebih dari 100 varian bumbu yang diproduksi Munik untuk kebutuhan dalam negeri dan ekspor.

"Jadi memang kita punya visi yang sama dengan William Wongso dalam memopulerkan kuliner nusantara. Terbukti permintaan akan bumbu masak kami juga banyak berasal dari negara tetangga seperti Singapura dan Australia," ujar Lia.

Baca Juga: Sandiaga Pastikan Bulan Ramadan Bersih dari Manusia Gerobak

Dari ratusan bumbu masakan Munik, Lia mengatakan bahwa bumbu rendang, sayur asem, ayam goreng, nasi goreng, dan sop buntut yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain bumbu, Munik juga berekspansi dengan membuka restoran nusantara dengan nama yang sama dan berlokasi di Jalan Matraman Raya, Jakarta Pusat.

"Melalui restoran, kami ingin lebih merepresentasikan kuliner nusantara dalam bumbu masakan yang sudah kami produksi sejak lama," tambah dia.

Di restoran itu pula bumbu masak Munik bisa sekaligus didapatkan pengunjung. Tak hanya itu, mereka juga menerima pembelian secara online melalui situs mereka di munikseasonings.com.