Jamuan Trump dan Kim: Tanpa Es Cendol

RR Ukirsari Manggalani
Jamuan Trump dan Kim: Tanpa Es Cendol
Hidangan pembuka green mango kerabu untuk POTUS dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un [Shutterstock]

Selera dua negara dipadukan di meja santap siang KTT di Pulau Sentosa, Singapura.

Suara.com - Tidak hanya dokumen kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antara POTUS, Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un saja yang dikulik oleh para kepala negara, pemerhati politik, pemuka agama, sampai masyarakat Singapura.  Bahkan menu santap siang kedua kepala negara ini pun menjadi topik seru.

Pihak White House (WH) telah melansir daftar yang disajikan untuk delegasi Amerika Serikat dan Korea Utara.  Beberapa koki terkemuka Singapura, lewat harian The Straits Times rata-rata menyimpulkan, bahwa hidangan yang disajikan adalah menu "aman", dalam artian mewakili kedua negara sekaligus menyiratkan bahwa santap bersama ini adalah bagian dari pendekatan diplomatik.

Sementara sebagai rasa "terima kasih" kepada pihak tuan rumah, yaitu Singapura, muncul satu menu pembuka yang mengawali santap siang bersama ini, yaitu mangga kerabu atau salad mangga hijau serut saus gula jawa serta sari laut.

Willin Low, seorang chef dari restoran Wild Rocket, Singapura berkomentar bahwa pilihan hidangan bagi kedua delegasi memang tersimak sangat diplomatik, "Dan hadirnya menu Singapura juga membanggakan. Tetapi kalau boleh, sebagai penutup mungkin bisa disajikan es cendol versi modern."

Memang minuman es cendol adalah menu penutup hits untuk tiga negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, serta Singapura, karena berbagi latarbelakang budaya sama.  Dengan demikian, rasanya lengkap bila menu awal dan penutup adalah signature atau khas dari Negeri Singa.

Berikut ini adalah daftar lengkap menu santap siang perpaduan Korea Utara dan Amerika Serikat usai KTT Pulau Sentosa, Singapura (12/06/2018).

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS