Ratu Elizabeth II Beri Bantuan 60 Miliar untuk Bencana Gempa Palu

Ade Indra Kusuma
Ratu Elizabeth II Beri Bantuan 60 Miliar untuk Bencana Gempa Palu
Ratu Elizabeth II. (Shutterstock)

Bantuan 60 miliar untuk korban gempa Palu disampaikan Ratu Elizabeth II melalui Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik.

Suara.com - Ratu Inggris Elizabeth II menyampaikan rasa prihatinnya atas musibah gempa dan tsunami di Palu dan Donggala pada Jumat (28/9/2018). Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ratu Elizabeth II melalui Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik.

"Ratu Elizabeth meminta saya untuk menyampaikan duka cita kepada Presiden Jokowi, untuk disampaikan kepada rakyat Indonesia," ujar Moazzam seperti rilis yang diterima.

Inggris dikabarkan memberikan bantuan senilai Rp 60 miliar khusus untuk pemulihan pasca-gempa di Palu. Saat ini tiga pesawat Angkatan Udara (AU) Inggris yang membawa segala perlengkapan bantuan sedang diberangkatkan ke Indonesia.

"Pesawat-pesawat ini akan membawa bantuan berupa tenda terpal, air minum, lampu surya dan persediaan untuk alat kebersihan dan sanitasi untuk sekitar 10 ribu orang," lanjutnya.

Dilansir dari Metro.co.uk, ini bukan kali pertama Ratu Elizabeth II merogoh kantong pribadinya untuk membantu mereka yang menderita dalam bencana internasional.

Pada 2004, ia menyumbangkan dana dalam jumlah besar, kepada para korban tsunami Hari Tinju di Samudera Hindia, yang merenggut nyawa hampir 250.000 orang.

Dan pada 2013, Ratu Elizabeth II membuat sumbangan pribadi untuk korban Topan Haiyan di Filipina. Baru-baru ini, pada 2017, dia memberikan donasi besar lagi kepada mereka yang menderita kelaparan di Afrika Timur.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS