Bukan Kulit Putih, Ini yang Lebih Diinginkan Perempuan Dewasa

Vania Rossa
Bukan Kulit Putih, Ini yang Lebih Diinginkan Perempuan Dewasa
Perawatan Wajah ala Perempuan Korea. (Shutterstock)

Pada perempuan dewasa, definisi cantik tak lagi sekadar memiliki kulit putih.

Suara.com - Meski iklan produk kecantikan terus memberi pesan tentang kulit putih yang diidentikkan dengan kecantikan, faktanya, kulit putih tak lagi didambakan setelah perempuan beranjak dewasa. Setidaknya, inilah hasil yang didapat oleh survei ZAP Beauty Index 2018, yang dilakukan oleh ZAP Clinic terhadap 17.889 perempuan di seluruh Indonesia.

Dalam hasil survei ditunjukkan bahwa 50,7 persen perempuan telah merasa percaya diri dengan kondisi fisik mereka. Rasa percaya diri meningkat seiring dengan bertambahnya usia dan kedewasaan. Sebanyak 24,6 persen responden di bawah 18 tahun masih berpendapat bahwa kulit putih lebih penting daripada bahagia. Namun, responden yang berusia 24 tahun ke atas memperlihatkan bahwa mereka mampu menerima kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Perempuan Indonesia tidak lagi terdorong menjadi cantik karena pengaruh pasangan, lingkungan pergaulan, maupun media sosial. Temuan ZAP Beauty Index 2018 menunjukkan bahwa dorongan untuk merawat penampilan fisik, 82,2 persen datang dari diri sendiri.

Hal tersebut semakin memperlihatkan bahwa perempuan Indonesia telah memiliki kesadaran bahwa perasaan cantik dimulai dari dan untuk diri sendiri. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mayoritas perempuan Indonesia telah memiliki tingkat self-love yang tinggi, yaitu salah satu bentuk penerimaan dan apresiasi diri yang diekspresikan dengan merawat diri dengan baik.

Head of Medical and Training dari ZAP Clinic, dr. Dara Ayuningtyas, menganggap wajar temuan ini, "Perempuan dengan tingkat percaya diri dan self-love yang tinggi akan lebih menghargai dan mencintai diri sendiri. Sebagai efeknya, mereka akan menjadi lebih aware terhadap kebutuhan tubuh, sehingga mereka akan sering berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, tidur teratur, merawat kebersihan serta kecantikan diri," ujarnya.

Temuan ZAP Beauty Index 2018 juga menunjukkan bahwa para perempuan memiliki sejumlah definisi baru terhadap kata cantik. Indikator kecantikan bukan lagi semata-mata kulit putih, dandanan stylish, atau tubuh langsing. Sebanyak 67,5 persen responden percaya bahwa kecerdasan merupakan daya tarik terbesar dari seorang perempuan. Selain itu, 76,8 persen responden juga menuturkan bahwa kesehatan adalah hal yang paling berharga. Bagaimana dengan Anda?

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS