Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Permainan Kartu Asah Asuh

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Belajar Menjadi Orang Tua Lewat Permainan Kartu Asah Asuh
Komunitas Rumah Pencerah atau (KRP) menyelenggarakan acara Festival Asah Asuh di kawasan Go-food Festival, Senayan, Jakarta, pada Minggu, (4/11/2018).

Main kartu untuk latihan jadi orang tua, siapa mau coba?

Suara.com - Jelang Hari Ayah yang jatuh setiap 12 November di setiap tahunnya, Komunitas Rumah Pencerah atau (KRP) menyelenggarakan acara Festival Asah Asuh di kawasan Go-food Festival, Senayan, Jakarta, pada Minggu, (4/11/2018).

Festival diisi dengan tiga acara utama yaitu peluncuran buku berjudul Asah Asuh, lokakarya bersama para ayah dari mitra pengemudi Go-jek serta aktivitas permainan kartu Asah Asuh bersama pengunjung.

Kata Ketua KRP sekaligus pencipta kartu Asah Asuh, Nana Maznah Prasetyo, kartu Asah Asuh adalah sebuah permainan yang dirancang untuk orang tua yang ingin mengasah keterampilan dalam pengasuhan anak melalui permainan yang menyenangkan.

"Ini permaian yang mengandung makna. Orang tua diminta memahami dirinya sendiri, maka dia bisa memamahi anak-anaknya," kata Nana kepada Suara.com.

Kartu bisa dimainkan oleh dua sampai tujuh orang dewasa berusia 17 tahun ke atas secara berkelompok.

Kemudian, setiap orang diminta mengumpulkan seri warna kartu secara lengkap. Ada beberapa seri permainan diantaranya seri Pola Asuh Masa Kini, Ayah Ikut Mengasuh, Cara Menumbuhkan keyakinan Anak, hingga Cara Berkomunikasi dengan Anak.

"Kami tergerak untuk dapat memenuhi kebutuhan pengetahuan serta mengasah keterampilan orang tua dalam pengasuhan melalui media yang sederhana dan menyenangkan yaitu kartu permainan. Kartu Asah Asuh memuat pesan-pesan inti yang dikembangkan buku Asah Asuh," tambah Nana lagi.

Selain peluncuran buku dan kartu, agenda Festival Asah Asuh juga berisi lokakarya bertema "Peran Ayah dalam Pengasuhan" yang diikuti oleh puluhan ayah mitra Go-jek.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS