Sembarangan Foto Saat Traveling, Bisa Masuk Penjara Lho!

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Sembarangan Foto Saat Traveling, Bisa Masuk Penjara Lho!
Jangan sembarangan ambil foto saat traveling, hati-hati masuk penjara. (Shutterstock)

Di beberapa tempat, mengambil foto sembarangan saat traveling bisa dihukum denda hingga penjara lho.

Suara.com - Mengambil foto saat liburan dan traveling nampaknya wajar-wajar saja. Namun di beberapa tempat, mengambil foto sembarangan bisa dihukum denda hingga penjara lho.

Tabiat orang saat traveling biasanya selalu mengambil foto apa saja mulai dari monumen, makanan, sampai benda-benda aneh yang mereka temui sepanjang jalan.

Apes bagi Muhammed Fathi Abulkasem, pemuda berusia 19 tahun asal Inggris ini ditangkap oleh otoritas Mesir kerena merekam aktivitas bandara yang kebetulan terdapat helikopter militer di latar belakangnya.

Abulkasem ditangkap tak lama setelah tiba di Alexandria dan dituduh mengumpulkan data intelijen militer Mesir.

Memang banyak negara melarang pengambilan foto atau merekam pesawat militer, tank, kapal angkatan laut dan kendaraan lainnya, termasuk personil militer, pangkalan, fasilitas penyimpanan, dan hal-hal terkait militer.

Bahkan mengambil foto gedung-gedung pemerintah juga bisa saja dilarang. Ketatnya hukum biasanya berhubungan dengan tingkat kerahasiaan negara, atau bisa juga paranoia.

Selain hal-hal terkait militer, ada juga monumen super populer yang nyatanya dilarang untuk dipotret. Salah satunya adalah Menara Eiffel yang terletak di Paris, Prancis.

Menara Eiffel merupakan salah satu landmark paling ikonik di dunia yang secara teknis dilarang difoto saat waktu malam.

Alasannya, di bawah undang-undang hak cipta Eropa, sebuah karya akan dilindungi selama masa hidup artis, ditambah 70 tahun.

Perancang Menara Eiffel, Gustave Eiffel, meninggal pada 1923, sehingga bangunan tersebut masuk domain publik pada 1993 lalu.

Namun lampu dan proyektor pada menara Eiffel baru dipasang pada 1985 oleh seniman Pierre Bideau. Tambahan aksesori tersebut dipegang sebagai karya artistik dan masih dilindungi oleh undang-undang hak cipta.

Jadi jika Anda mengambil foto Menara Eiffel tanpa lampu, hal tersebut boleh-boleh saja. Tetapi jika foto diambil ketika semua lampu yang berkilauan menyala, secara teknis, Anda telah melanggar hukum.

Karena itu, ada baiknya bertanya sebelum sembarangan mengambil foto saat liburan dan traveling ya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS