5 Fakta Menarik High Heels di Zaman Kuno

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Fakta Menarik High Heels di Zaman Kuno
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

Bukan hanya sepatu biasa.

Suara.com - Hampir semua wanita merasa wajib memiliki high heels atau sepatu hak tinggi. Tahukah Anda? Ternyata ada beberapa fakta menarik high heels di zaman kuno

Sejak tahun 3.500 SM, high heels rupanya sudah ada dan digunakan manusia untuk beraktivitas. Lalu, apa saja fakta menarik high heels di zaman kuno?

Berikut ulasannya.

1. Menghindari debu

Pada abad pertengahan, orang-orang dari kalangan atas memakai sepatu dengan sol yang terbuat dari kayu untuk mencegah terkena lumpur atau debu di jalan. Sepatu orang kaya pada zaman kuno juga terbuat dari bahan yang mahal dan rentan rusak sehingga diperlukan sol tinggi.

2. Simbol prostitusi

Pada zaman Romawi dan Yunani kuno, high heels malah jadi simbol prostitusi. Jika dikenakan di luar pagelaran teater, pemakaian sepatu ini berfungsi untuk mengidentifikasi pelacur.

3. Dipakai di pagelaran teater

Orang Roma dan Yunani kuno juga pernah memakai high heels dalam pertunjukkan teater. Sol sepatu yang biasanya terbuat dari gabus itu digunakan para aktor untuk menonjolkan karakter yang diperankan.

Ilustrasi sepatu bertabur berlian. (Unsplash/Gabriel Crismariu)
Ilustrasi sepatu bertabur berlian. (Unsplash/Gabriel Crismariu)

4. Dipakai oleh penunggang kuda

Pada abad IX, para pria penunggang kuda di Timur Tengah memakai high heels dengan tujuan mempermudah mengontrol laju kuda yang mereka kemudikan. High heels sangat berguna sebagai pengait agar kaki para penunggang kuda tetap berada pada pijakan tali kuda.

5. Dipakai tukang daging

Fakta menarik high heels di zaman kuno lainnya adalah sepatu ini ternyata populer di kalangan tukang daging.

Zaman Mesir kuno, high heels menjadi alat untuk tunjukkan status sosial pemakainya. Orang-orang dari kalangan atas diperkenankan memakai high heels. Sedangkan orang-orang dari kalangan rendah harus berjalan tanpa alas kaki.

Namun selain kalangan atas, high heels juga diperbolehkan untuk tukang jagal agar kaki mereka tidak terkena darah hewan yang dijagal.

Sumber : DewiKu.com

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS