Baret, Topi Militer yang Bertransformasi Jadi Item Fesyen

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Baret, Topi Militer yang Bertransformasi Jadi Item Fesyen
Ilustrasi perempuan memakai topi baret. (Shutterstock)

Ternyata, begini sejarah topi baret.

Suara.com - Topi baret identik dengan item fesyen yang klasik. Namun sebelum dikenal sebagai item fesyen, topi baret yang biasa terbuat dari wol ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Sebagai permulaan, para arkeolog percaya bahwa sejarah baret berasal dari Zaman Perunggu, demikian dilansir dari laman Huffpost. Pada abad ke-14 dan ke-15, topi baret lazim digunakan oleh masyarakat Eropa yang dengan status ekonomi yang rendah, seperti petani dan seniman.

Baret, khususnya yang berwarna merah. mulai terjun ke dunia politik pada 1800-an di Spanyol selama Perang Carlist Kedua. Sedangkan baret berwarna hitam, kala itu menjadi simbol bagi petani.

Sepanjang 1900-an, baret masih terhubung dengan politik, tetapi sudah mulai dipakai sebagai salah satu item fesyen.

Di tahun 1920-an, baret muncul dalam dunia kreatif dan banyak dipakai oleh penulis, penyair, dan bintang film. Meski cukup sederhana, tapi baret dianggap cantik. Dan pada tahun 1940-an hingga 1950-an, baret menjadi benda umum militer di seluruh dunia.

Periode berikutnya, di tahun 1960-an, kita bisa melihat kaum revolusioner seperti Che Guevara dan Fidel Castro mengenakannya. Dan pada 1970-an, baret terkenal diadopsi oleh Black Panthers.

Lantas bagaimana perkembangan baret saat ini? Selama sekitar setahun terakhir, baret menjadi item fesyen yang trendi, dikenakan oleh orang-orang ternama seperti Bella Hadid, Rihanna, dan Vanessa Hudgens. Baret juga banyak berseliweran di runway merk-merk kelas atas seperti Chanel dan Dior.

Ingin bergaya dengan baret? Marni Senofonte, penata gaya untuk Beyoncé dan Kendall Jenner memberikan beberapa kiat untuk bergaya dengan baret.

"Baret dapat dikenakan dengan gaya rambut apa pun, mulai dari lurus, jepit rambut ikal, rambut keriting, kuncir kuda rendah, atau kepang," katanya.

Ini tergantung pada bagaimana Anda ingin terlihat.
"Baret kecil yang dikenakan di samping ala Marlene Dietrich, membuat perempuan terliohat memiliki selera fesyen tinggi," katanya.

Sedangkan baret yang dikenakan vertikal di depan dengan sedikit miring ke samping memiliki tampilan ala militer, terutama ketika dipadankan dengan turtleneck, jaket kulit, dan jaket militer.

"Jika Anda mengenakan topi baret yang ditarik ke bawah kepala, itu akan memberikan kesan yang lebih santai, ala tahun 1970-an," tambahnya. Nah, yang mana gaya Anda?

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS