alexametrics

Tabu, 5 Hal Ini Pantang Dilakukan Ketika Makan dengan Sumpit

Vania Rossa
Tabu, 5 Hal Ini Pantang Dilakukan Ketika Makan dengan Sumpit
Makan pakai sumpit di Cina. (Shutterstock)

Perhatikan aturan memakai sumpit ketika Anda berkunjung ke negara-negara Asia Timur.

Suara.com - Makan dengan sumpit identik dengan budaya di negara-negara Asia Timur, seperti Cina, Jepang, dan Korea. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke negara-negara tersebut, maka hampir dipastikan alat makan yang satu ini akan selalu Anda temui di semua gerai dan restoran.

Meski pemakaian sumpit bukan hal yang lazim bagi kita orang Indonesia, tak ada salahnya Anda memperlakukan sumpit dengan baik dan benar, terutama saat Anda berkunjung ke negara-negara tersebut. Ketahui dengan baik hal-hal apa saja yang tabu dilakukan ketika Anda makan dengan sumpit. Berikut yang telah dirangkum oleh Suara.com.

1. Menggunakan sumpit sebagai stik drum
Di sini, adalah hal yang lumrah memanfaatkan sumpit seolah-olah sebagai stik drum. Tapi, jangan lakukan hal tersebut di negara pemakai sumpit. Dikutip dari China Today, beberapa kalangan Tionghoa menganggap membunyikan sumpit merupakan perbuatan para pengemis untuk mencari perhatian. Duh, nggak mau, dong, disamakan dengan pengemis?

2. Menusuk makanan dengan sumpit
Memang, sih, tak semua orang piawai menggunakan sumpit. Daripada susah-susah menjepit, lebih mudah untuk menusuk makanan dengan sumpit. Tapi, hal ini akan dianggap sebagai tindakan yang kurang sopan. Lebih baik, Anda meminta garpu dan sendok kepada pelayan restoran.

Baca Juga: Satu dari Dua Mucikari Vanessa Angel yang Buron Akhirnya Ditangkap Polisi

3. Mengisap dan menjilat sumpit
Anda mungkin tergoda untuk menjilat bumbu dan saus yang menempel di sumpit. Tapi, perbuatan seperti itu akan dianggap tidak sopan, lebih-lebih pada jamuan makan yang formal.

4. Menuding dengan sumpit di tangan
Sumpit sebaiknya hanya digunakan sebagai alat makan. Menggunakan sumpit untuk menunjuk lawan bicara atau menuding menu menggunakan ujung sumpit, adalah perbuatan tidak sopan.

5. Menyuapi orang lain dengan sumpit
Kecuali Anda menyuapi anak-anak yang masih balita dan belum bisa menggunakan sumpit, menyuapi orang lain dengan sumpit sangat tidak diperkenankan. Kalau Anda ingin berbagi, letakkanlah makanan di dekat orang tersebut, dan biarkan ia mengambil dan menyuap sendiri makanannya.