facebook

Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tahan Lama

Silfa Humairah Utami
Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tahan Lama
Ilustrasi menyimpan makanan dan minuman dalam kulkas. (Shutterstock)

Ini aturan menyimpan makanan dan minuman di kulkas agar tahan lama lho!

Suara.com - Menyimpan makanan dan minuman di dalam kulkas menjadi hal rutin yang dilakukan ibu rumah tangga untuk menjaga kualitas persediaan di rumah.

Namun, ternyata tidaak semua makanan dan minuman bisa secara asal diletakkan dalam kulkas. 

Menyimpan makanan di kulkas ada aturannya, lho! Ini cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar dilansir Hello Sehat

1. Perhatikan suhu kulkas

Baca Juga: Gaji Dokter Kecil, Demokrat: Ayo Para Dokter Pilih Prabowo

Penting untuk memerhatikan suhu kulkas sebelum Anda menyimpan makanan di dalamnya. Pastikan kulkas Anda berada pada suhu 5º Celsius atau lebih rendah untuk menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya pada makanan.

Anda bisa menggunakan termometer kulkas untuk menentukan suhu yang tepat. Periksalah secara rutin suhunya minimal seminggu sekali pada pagi hari. Untuk menjaga suhu kulkas tetap stabil, pastikan juga pintu kulkasnya selalu tertutup rapat. Jangan pula biarkan pintu kulkas Anda terbuka terlalu lama.

Jangan menyimpan terlalu banyak makanan di kulkasi karena kebiasaan ini bisa menghambat sirkulasi udara di dalamnya. Akibatnya, makanan justru jadi tidak segar lagi atau bahkan cepat basi. Jika kulkas terlanjur penuh, turunkan suhu untuk menjaga suhu di dalamnya agar tetap dingin.

Selain itu, jangan langsung menaruh makanan panas di dalam kulkas karena ini dapat meningkatkan suhu lemari es. Anda harus menunggu sampai makanan/minuman tersebut dingin.

2. Simpan makanan sesuai dengan jenisnya

Baca Juga: Bawaslu: Pose Satu Jari Wali Kota Bima Arya Bukan Kampanye

Kulkas memiliki beberapa rak. Setiap rak idealnya disusun berdasarkan jenis makanannya. Jadi, jangan mencampur satu jenis makanan dengan makanan lainnya.