Catat, Tips Liburan Bersama Anak dari Enno Lerian

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Catat, Tips Liburan Bersama Anak dari Enno Lerian
Enno Lerian berbagi tips liburan bersama anak. (Suara.com/Firsta Nodia)

Ingin liburan bersama anak? Mantan penyanyi cilik yang kini ibu dari empat anak, Enno Lerian, punya tipsnya untuk orang tua.

Suara.com - Ingin liburan bersama anak? Mantan penyanyi cilik yang kini ibu dari empat anak, Enno Lerian, punya tipsnya untuk orang tua.

Enno Lerian pun mengungkap betapa serunya liburan dengan membawa serta keempat buah hatinya bersama sang suami Priambodo Soesetyo.

"Aku baru saja dikaruniai anak keempat di 2017 lalu. Jadi ketika mau liburan kita berani pas anak aku yang kecil sudah MPASI. Kita pilih Bali dan seru banget pas perjalanannya. Gimana ngejaga mood anak tetap happy," ujar Enno Lerian di sela-sela temu media HiLo School Drawing Competition di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Enno Lerian menambahkan bahwa dirinya memang tidak memiliki asisten rumah tangga untuk menjaga buah hatinya. Begitu pula saat liburan, Enno Lerian dan sang suami berjibaku untuk menjaga keempat buah hatinya.

"Pengalamannya wow, sangat berkesan. Capek tapi seru. Bayangin di tengah jalan ada anak yang muntah, ada yang minta pup, satunya minta nyusuin. Jadi gimana rasanya bisa bayangkan sendiri," imbuh dia.

Meski demikian Enno Lerian menganggap penting aktivitas liburan bersama anak dan suami. Ia merasa lebih mampu memahami anak, begitu juga anak belajar memahami orangtua. Enno Lerian dan suami juga belajar untuk tidak memaksakan kehendak mereka.

"Kita pergi sama anak jadi harus ngikutin mood mereka," tambah dia.

Ilustrasi liburan keluarga. (Shutterstock)
Ilustrasi liburan bersama anak. (Shutterstock)

Untuk itu Enno Lerian pun berbagi tips bagi para orang tua yang berencana mengajak buah hatinya berlibur. Menurut Enno Lerian usahakan jangan memiliki ekspekstasi tinggi. Pasalnya, suasana hati anak cenderung sulit diprediksi sehingga mau tak mau orangtua harus menyesuaikannya.

"Karena kalau punya banyak anak kita harus ngikutin mood mereka. Harus tau pola tidur mereka seperti apa. Yang penting kalau kita punya segudang aktivitas, yang nggak boleh dilewatkan adalah waktu makan. Nutrisi dari makanan seperti cemilan, susu, harus disediain biar anak nggak crangky karena lapar," ujar Enno Lerian.

Hal ini diakui Nadya Pramesrani, M.Psi., psikolog sekaligus pendiri Rumah Dandelion. Untuk meminimalisir drama saat liburan bersama anak, usahakan untuk melibatkannya dalam penentuan destinasi wisata yang akan dikunjungi.

"Jadi anak tidak hanya sebagai peserta tapi juga pelaksana. Lalu perhatikan pola makan dan istirahat, karena terlalu senang jadi skip istirahat nanti tubuh capek jadi nggak mood. Kemudian lengkapi diri dengan informasi dan rencana cadangan," tambah Nadya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS