Manfaatkan Lidah Buaya Saat Kulit Terbakar Matahari, Ini Caranya

Silfa Humairah Utami
Manfaatkan Lidah Buaya Saat Kulit Terbakar Matahari, Ini Caranya
Ilustrasi perawatan kulit dengan Lidah Buaya karena kulit terbakar matahari. (Shutterstock)

Bagaimana memanfaatkan lidah buaya untuk kulit terbakar matahari?

Suara.com - Kulit orang Indonesia cukup sensitif saat terbakar matahari, kalau sudah begitu maka kulit bisa merasa perih, memerah, bahkan melepuh.

Apalagi bagi Anda yang punya kulit sensitif, maka kulit Anda akan lebih rentan memerah dan terasa sakit saat terbakar matahari.

Sebetulnya, ada banyak bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit terbakar matahari. Salah satunya lidah buaya, hal ini sudah disetujui oleh para ahli dari American Academy of Dermatology.

Gel lidah buaya memiliki sifat antiradang yang dapat menenangkan kulit yang iritasi. Bila dioleskan pada area kulit yang terbakar matahari, maka kulit Anda akan terasa lebih dingin dan lembap.

Sudah banyak produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya yang beredar di pasaran. Ini artinya, Anda sebetulnya tak perlu repot lagi untuk meracik lidah buaya menjadi losion guna mengatasi kulit terbakar matahari.

Meski begitu, Anda tetap perlu hati-hati dengan kandungan di losion atau gel yang Anda beli. Pasalnya, ada bahan-bahan tertentu di dalam losion yang dapat memperparah gejala kulit terbakar karena matahari.

Hindari produk yang mengandung benzocaine atau lidocaine. Alih-alih mendinginkan kulit, American Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa kedua bahan tersebut justru dapat memerangkap panas dan makin mengiritasi kulit.

Supaya lebih aman, tidak ada salahnya untuk membuat losion lidah buaya sendiri di rumah. Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan dilansir Hello Sehat :

1- Mengoleskan gel lidah buaya segar langsung ke area kulit yang terbakar
2- Potong-potong daging lidah buaya, lalu masukkan ke kulkas selama beberapa menit sebelum dioleskan ke kulit.
3- Campur gel lidah buaya dengan minyak kelapa atau minyak esensial, sebelum dioleskan ke kulit.

Semua cara tersebut dapat membantu meringankan gatal akibat sengatan matahari.

Namun bila gejala kulit terbakar matahari tak kunjung sembuh atau justru memburuk, segera konsultasikan ke dokter kulit terdekat.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS