Manfaat Minyak Kayu Putih, Bukan Cuma Hangatkan Badan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Manfaat Minyak Kayu Putih, Bukan Cuma Hangatkan Badan
Perawatan rambut. (Shutterstock)

Minyak kayu putih bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut.

Suara.com - Minyak kayu putih terkenal jadi produk andalan untuk menghangatkan tubuh, khususnya dipakai oleh bayi atau anak-anak. Paling bermanfaat juga ketika musim hujan, saat flu, atau meredakan sakit perut.

Ternyata tak cuma itu saja. Masih ada beberapa manfaat minyak kayu putih lainnya. Minyak yang mempunyai wangi khas ini bermanfaat rupanya untuk perawatan rambut dan kulit kepala.

Pohon kayu putih banyak ditemukan di Indonesia di bagian timur. Namun pohon ini berasal dari Australia.

Minyak ini mengandung zat eucalyptol yang merupakan anti inflamasi, analgesik, atau pereda nyeri. Minyak kayu putih juga mengandung aroma terapi dan anti jamur.

Kandungan baik itulah yang membuat minyak kayu putih baik kesehatan rambut dan kulit kepala.

Langkah pertama, Anda harus mencuci rambut dan kulit kepala hingga bersih. Setelah rambut kering, Anda langsung aplikasikan kayu putih di kulit kepala.

Minyak kayu putih. (Shutterstock)

Pijat selama 10-15 menit. Pijatan lembut yang Anda berikan tak hanya membuat minyak meresap lebih cepat, tapi juga mampu melancarkan peredaran darah di sekitar kepala.

Kemudian, diamkan selama 2 jam atau lebih. Setelah itu bilas dengan air dan bersihkan minyak dari kulit kepala dengan menggunakan sampo.

Pemakaian minyak kayu putih untuk perawatan rambut dan kulit kepala dapat mengurangi serta menghilangkan ketombe akibat jamur. (Kintan Sekarwangi)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS