Gaet Turis, Selandia Baru Kucurkan Rp 185 M untuk Renovasi Toilet Umum

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Gaet Turis, Selandia Baru Kucurkan Rp 185 M untuk Renovasi Toilet Umum
Demi gaet turis, Selandia Baru kucurkan dana Rp 185 miliar untuk wisata toilet. (Urban Napflin/Shutterstock.com)

Wisata toilet di Selandia Baru jadi perhatian khusus pemerintah, yang menganggarkan Rp 185 untuk renovasi toilet mum. Wow!

Suara.com - Gaet Turis , Selandia Baru Kuncurkan Rp 185 M untuk Renovasi Toilet Umum

Pemerintah negara Selandia Baru menganggarkan dana sekitar NZ$ 19,3 juta atau lebih dari Rp 185 miliar untuk memperbaiki toilet umum demi menunjang kenyamanan pariwisata di negara Kiwi tersebut.

Sebelumnya, Selandia Baru memang telah dikenal sebagai negara yang menjadikan toilet umum sebagai tujuan wisata. Ya betul, wisata toilet menjadi salah satu daya tarik utama berkunjung ke Selandia Baru.

Sebut saja toilet mozaik di kota kecil Kawakawa, toilet Hundertwasser, yang berhasil menarik sekitar 250.000 wisatawan setiap tahunnya ke sana.

Selain itu ada juga toilet umum berbentuk kapal di kota kecil Matakana, dua jam perjalanan ke arah utara dari ibukota Selandia Baru, Auckland.

Demi gaet turis, Selandia Baru kucurkan dana Rp 185 miliar untuk wisata toilet. (Michael W NZ/Shutterstock.com)
Demi gaet turis, Selandia Baru kucurkan dana Rp 185 miliar untuk wisata toilet. (Michael W NZ/Shutterstock.com)

Toilet tersebut dirancang oleh mahasiswa seni rupa bernama Steffan de Haan, yang telah diakui sebagai toilet berbentuk luar biasa.

Selain di Kawakawa dan Matakana, ada juga toilet mural dengan gambar putri duyung raksasa di Marlborough, dan toilet lobster di Wellington yang didirikan pada 2011 lalu dan telah dijadikan objek wisata yang menelan biaya sampai Rp 5,2 miliar dari pemerintah.

Tampaknya wisata toilet telah menjadi andalan Selandia Baru. Terbukti, Selandia Baru membawa pulang banyak penghargaan dari Toilet Tourism Awards.

Hal tersebut menjadikan Selandia Baru sebagai pemimpin di bidang kebersihan, kenyamanan dan konsep pariwisata berbasis sanitasi.

Itulah upaya yang dilakukan Selandia Baru untuk gaet turis dengan melakukan renovasi toilet umum . Hmm, kapan ya wisata toilet unik dan keren ada di Indonesia?

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS