Ini 5 Tempat Wisata Keluarga di Jogja yang Ramah Anak

Silfa Humairah Utami
Ini 5 Tempat Wisata Keluarga di Jogja yang Ramah Anak
Destinasi Museum Gunung Merapi cocok untuk wisata bersama keluarga dengan membawa anak-anak. (Shutterstock)

Dimana saja tempat liburan keluarga yang cocok untuk anak-anak saat menyambangi jogja?

Suara.com - Libur akhir pekan merupakan momen paling tepat untuk mengajak anak traveling, jika punya rencana ke Jogja, ini rekomendasi tempat yang paling buat anak betah.

Di daerah istimewa ini, banyak tempat wisata keluarga yang unik, menarik, dan ramah anak. Berikut tempat wisata keluarga yang dirangkum Airy Rooms jika Anda tertarik ke Jogja:

1. Museum Gunung Merapi

Berlokasi di kaki Gunung Merapi, Museum Gunung Merapi resmi dibuka sejak tahun 2010. Museum ini menyimpan kenangan masa silam saat Merapi menyemburkan lava dan awan panas. Suara gemuruh dan dentuman dari Gunung Merapi seakan samar terdengar ketika berkunjung ke museum.

Museum Gunung Merapi berada di daerah Hargobinangun, Sleman. Di sini, Anda bisa mengajak keluarga untuk menjelajahi ruang display yang terletak di dua lantai. Khusus lantai 1, dijadikan tempat filosofi gunung api dan alat peraga. Selain itu, terdapat ruang kearsipan mengenai gunung api di seluruh Indonesia.

Sementara di lantai 2, Anda bisa melihat pameran letusan Gunung Merapi, alat peraga Tsunami, serta display gaya geologi. Di tempat ini pun, ada ruang pemutaran film seputar gunung api.

2. Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja. (Instagram/@wisata_tamansari_yogyakarta)
Taman Sari Jogja. (Instagram/@wisata_tamansari_yogyakarta)

Siapa yang tidak mengenal Taman Sari Jogja? Kawasan wisata ini termasuk paling populer di Yogyakarta karena menyimpan nilai sejarah. Dulunya, Taman Sari dijadikan benteng pertahanan sekaligus tempat pemandian ratu.

Luas Taman Sari mencapai 10 hektare dengan 57 bangunan di dalamnya. Beberapa spot menarik yang bisa Anda lihat di Taman Sari, antara lain danau buatan, pulau buatan, kolam pemandian, jembatan gantung, dan taman. Jika sempat, cobalah menjelajahi lorong bawah tanah, kanal air, serta masjid di area Taman Sari.

3. Kebun Binatang Gembira Loka

Ajak anak-anak Anda melihat keanekaragaman satwa Nusantara di Kebun Binatang Gembira Loka. Lokasinya berada di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Kota Gede. Anda bisa naik kendaraan umum untuk menuju ke sana karena letaknya strategis.

Koleksi satwa di Kebun Binatang Gembira Loka tergolong lengkap. Ada simpanse, buaya, rusa, ular, harimau, gajah, serta ragam ikan. Jika ingin melihat burung, seluruh Nusantara, Anda bisa menuju taman burung. Setelah puas berkeliling sambil melihat aneka satwa, cobalah menjelajahi danau menggunakan perahu atau sepeda air.

4. Jogja Bay Pirates Adventure

Dikenal sebagai waterpark terlengkap di Indonesia, Jogja Bay Pirates menawarkan pengalaman piknik tak terlupakan di taman tematik. Jogja Bay Pirates memiliki 19 wahana permainan air. Menariknya, desain taman wisata air ini memadukan budaya Eropa dan Jawa.

Sebagai penunjang, Jogja Bay Pirates juga menyediakan restoran dan pusat belanja. Ada gazebo untuk istirahat para pengunjung, musala, odong-odong, dan pool bar. Anda pun bisa mengajak anak-anak masuk ke kapal pirates sambil menyantap kudapan ringan.

5. Desa Teletubbies

Desa Telettubies Jogja. (Instagram/@jihanbank)
Desa Telettubies Jogja. (Instagram/@jihanbank)

Ingatkah Anda, beberapa tahun silam ada tayangan televisi yang mengangkat empat tokoh teletubbies? Kini, ikon rumah tinggal teletubbies berbentuk dome diadopsi oleh Desa Teletubbies, Yogyakarta. Kerennya, dome tersebut dirancang tahan gempa, dua lantai, dan dihias aneka warna dan gambar tokoh teletubbies.

Mengunjungi tempat wisata bersama keluarga merupakan salah satu kunci mengeratkan hubungan. Karena itu, jangan ragu merencanakan liburan ke Jogja sekarang juga. Supaya perjalanan lancar, Anda bisa menggunakan layanan di web Airy untuk membeli tiket pesawat ke Jogja.

Ada banyak promo dan tiket murah di Airy. Bahkan, Anda dapat memesan tiket pesawat online melalui Android Apps atau iOS Apps. Soal pembayaran, bisa lewat ATM, kartu kredit, dan gerai Indomaret terdekat.

Wah, banyak pilihan tempat liburan yang seru untuk anak. Yuk rencanakan liburan Anda bersama dengan keluarga di akhir pekan ini. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS