Sperma Salmon Ampuh Cegah Penuaan Kulit, Benarkah?

Rully Fauzi | Dinda Rachmawati
Sperma Salmon Ampuh Cegah Penuaan Kulit, Benarkah?
Ilustrasi penuaan. [Shutterstock]

Tahukah Anda jika sperma salmon disebut-sebut sebagai rahasia untuk kulit yang lebih muda?

Suara.com - Tahukah Anda jika sperma salmon disebut-sebut sebagai rahasia untuk kulit yang lebih muda? Tapi jangan mengira untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda harus mengaplikasikan sperma salmon ke wajah Anda.

Ya, menurut banyak penelitian, ini sebenarnya mengacu pada DNA yang dipanen dari sperma salmon, yang saat ini mulai menjadi tren dan telah memasuki dunia perawatan kulit yang terbilang cukup mewah, khususnya di Korea Selatan.

DNA sperma salmon mendapatkan popularitas di Korea SelataN berkat kemampuannya yang diharapkan dapat membantu perbaikan dan regenerasi sel.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh T Magazine: Singapura, perawatan wajah dengan DNA sperma salmon yang disebut Rejuran Skin Healer telah tersedia di Korea Selatan selama sekitar empat tahun.

Bahan ini juga termasuk dalam beberapa produk perawatan kulit kelas atas, seperti Argentum, La Potion Infinie and Shangpree, serta Marine Jewel Capsules. Jika Anda mencarinya di produk perawatan kulit Anda, Anda mungkin dapat menemukannya dengan nama-nama seperti Sodium DNA atau HP DNA.

Seperti disebutkan sebelumnya, DNA sperma salmon dikatakan dapat membantu perbaikan dan regenerasi sel. Menurut Peach & Lilywebsite, yang menjual kapsul Shangpree, DNA sperma salmon memiliki kualitas regeneratif yang kuat, bekerja bukan pada tingkat permukaan tetapi lebih dalam ke kulit, mendorong pergantian sel yang, pada gilirannya, membantu mengencangkan kulit dan mempertahankan elastisitasnya.

Itu juga dikatakan sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu dalam perbaikan luka dan jaringan. Seiring bertambahnya usia, sel-sel kita menjadi lebih lambat memperbaiki dan meregenerasi diri mereka sendiri. Jadi, dalam arti itu, DNA sperma salmon terdengar seperti bahan ajaib bagi siapapun yang ingin memperlambat tanda-tanda penuaan.

Tetapi bagaimana menurut ahli kulit tentang hal itu? Menurut Dr. Rachel Nazarian dari Kelompok Dermatologi Schweiger di New York City, ada beberapa ilmu yang mendukung manfaat DNA sperma salmon. 

Dia mengatakan kepada HuffPost, bahwa ini mungkin tampak seperti bahan yang aneh, tapi sebenarnya telah terbukti meningkatkan penyembuhan luka dan dapat meningkatkan pembentukan pembuluh darah dan aliran darah ke kulit.

"Banyak penelitian telah dilakukan pada tikus, dan ada beberapa artikel jurnal untuk mendukung ini. Bahkan telah disarankan bahwa produk dengan bahan ini dapat digunakan setelah perawatan laser ablatif tertentu untuk meningkatkan pemulihan setelah prosedur ini," ungkap Rachel.

Studi dari 2016 dan satu dari 2018 telah menunjukkan bahwa DNA sperma salmon dapat mempromosikan penyembuhan luka. Namun perlu dicatat bahwa studi ini tidak melihat secara khusus efek anti penuaan.

Menariknya, DNA sperma salmon juga sedang diuji sebagai tabir surya. Dan kita semua tahu tabir surya adalah kunci nomor satu untuk memerangi efek penuaan. Namun, beberapa ahli dermatologi lain tidak sepenuhnya yakin akan efektivitas DNA sperma salmon.

"Saya ragu untuk merekomendasikannya karena belum ada sains nyata yang menunjukkan bahwa ini adalah bahan anti penuaan yang efektif," kata Dr. Samer Jaber dari Washington Square Dermatology di New York City, juga kepada HuffPost.

Dia mengakui satu penelitian yang menunjukkan efek DNA kulit ikan salmon pada elastisitas kulit, tetapi ini berasal dari penelitian yang sangat kecil.

Angela Lamb, Direktur Westside Mount Sinai Dermatology Faculty Practice di New York City, juga mencatat bahwa tidak banyak penelitian yang menguji efektivitas DNA sperma salmon pada kulit manusia. So, terserah Anda untuk memutuskan...

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS