Ditarik Pasir Isap Saat Traveling, Pasangan Ini Terjebak 10 Jam

Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Ditarik Pasir Isap Saat Traveling, Pasangan Ini Terjebak 10 Jam
Ilustrasi Pasir Isap tarik pasangan yang sedang traveling. (Pixabay/Natalia_Kollegova)

Bagaimana pasangan ini terjebak 10 Jam di pasir isap?

Suara.com - Ditarik Pasir Isap saat Traveling, Pasangan Ini Terjebak 10 Jam.

Sungguh pengalaman langka bagi pasangan Ryan Osmun dan Jessika McNeill. Pasangan traveler itu mengalami hambatan yang sangat sulit dihadapi ketika melakukan pendakian di kawasan Zion National Park, Utah. Cuara buruk menimbulkan terjadinya fenomena pasir isap yang menyerang pasangan itu.

Seperti dilansir dari Insider, Kamis (20/2/2019), Ryan Osmun dan Jessika McNeill sedang mendaki di salah satu rute Zion National Park. Namun, Jessika McNeill tiba-tiba terperosok ke dalam pasir isap. Padahal peristiwa semacam itu tak pernah terjadi di rute tersebut.

Pasir isap sendiri kadang disebut pasir hisap atau pasir jerlus, yaitu kaloid hidrogel yang terdiri dari pasir, air dan tanah liat. Pasir isap biasanya terdapat di sekitar sumber air seperti di pantai, sungai dan rawa.

Pasir hisap mempunyai densitas 2 gram dan mililiter sedangkan desitas manusia adalah 1 gram atau mililiter yang menyebabkan tubuh manusia terbenam ke pasir. Kejadian itu tidak menyebabkan kematian, kecuali bila kepalanya duluan yang terbenam. Biasanya manusia akan dihisap sampai di pinggang atau setengah dari postur tubuh.

Akibat kejadian itu, Osmun bergegas menarik McNeill keluar dari tarikan pasir. Namun, setelah penyelamatan itu, selanjutnya malah kaki Osmun yang ikut tertarik hingga sedalam pinggul. Maka, McNeill akhirnya gentian menyelamatkan pacar. Sayangnya ia gagal.

''Cara terbaik mendeskripsikannya adalah seperti berdiri di gundukan semen yang mengering sangat cepat. Setelah diperhatikan, memang suhu saat itu sedang dingun. Berkisar antara -8 hingga 0 derajat Celcius,” kata Osmun.

Akhirnya, Jessika McNeill terpaksa meninggalkan Osmun sendiri sementara dia mencari bantuan. Totalnya, McNeill butuh waktu 3 jam mendaki sebelum bertemu penjaga taman. Mereka butuh 7 jam untuk kembali menemukan Osmun dikutip dari Guideku.com.

Tak sampai di situ, petugas masih membutuhkan waktu dua jam lagi untuk mengeluarkan Osmun dari pasir isap yang menjebak kakinya.

''Salah satu lelaki mengeruk pasir itu menjauh dan mereka berhasil membebaskan kakiku. Mungkin ini adalah rasa sakit terparah yang pernah aku rasakan,'' kisah Osmun.

Akibat kejadian ini, pasangan ini menderita hipotermia, akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Meski begitu, keduanya dilaporkan akan pulih seperti semula akibat ditarik pasir isap tersebut saat traveling di kawasan Zion National Park, Utah. (Amertiya Saraswati)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS