Ini Urutan yang Tepat Menggunakan Pelembap

Ade Indra Kusuma | Dinda Rachmawati
Ini Urutan yang Tepat Menggunakan Pelembap
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)

Pelembap juga banyak fungsinya, sesuai permasalahan kulit.

Suara.com - Ini Urutan yang Tepat Menggunakan Pelembap.

Menggunakan skin care adalah rutinitas sehari-hari yang tak hanya dilakukan oleh para perempuan, namun juga lelaki. Skin care memiliki manfaat luar biasa, mulai dari memperbaiki permasalahan kulit hingga menjaga kulit tetap sehat terawat. 

Salah satu skin care yang tak boleh terlewat dari rezime perawatan kulit adalah pelembap. Meski merupakan skin care paling umum, namun tak sedikit dari kita yang bingung terhadap urutan pemakaian pelembap di antara deretan skin care lainnya.

Untuk itu, Clinique Education Manager, Kresna Adhi Dharma menjelaskan bahwasannya pelembap sebenarnya digunakan di urutan paling akhir setelah pemakaian skin care lainnya. 

"Pakai pelembab itu dari mulai membersihkan wajah, kalau pakai make up, terlebih dulu pakai cleansing dan double cleansing. Begitu juga dengan pemakaian SPF, SPF tidak bisa dihapus dengan cuci muka biasa. Jadi pakai cleansing, baru pakai sabun wajah," kata Kresna saat ditemui dalam peluncuran Moisturizer Custom Blend Hydrator Clinique ID di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Setelah wajah bersih, bisa dilanjutkan dengan pemakaian toner untuk memaksimalkan pembersihan. Toner juga berguna untuk menyegarkan kulit wajah dan menyingkirkan sel kulit mati. Cukup teteskan toner 2-3 kali di telapak tangan, lalu tepuk-tepukkan pada wajah hingga meresap. 

Selanjutnya adalah pemakaian serum untuk asupan nutrisi di kulit wajah. Biasanya serum memiliki beragam kandungan bermanfaat, seperti antioksidan, vitamin dan lainnya yang dapat mengurangi dan memperbaiki permasalahan kulit.

Terakhir ditutup dengan pelembap dan sunscreen yang berfungsi untuk mempertahankan kelembapan kulit sepanjang hari dan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. 

"Pelembap banyak juga fungsinya, yang bisa dipilih sesuai permasalahan kulit. Teksturnya juga berbeda. Seperti meminimalkan garis-garis halus kerutan, minyak berlebih, mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam, dan masih banyak lagi," tutup dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS