Cuma Menguras Hati, Ini Cara Ampuh Mengatasi Cemburu

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
Cuma Menguras Hati, Ini Cara Ampuh Mengatasi Cemburu
Cemburu. (Shutterstock)

Ada baiknya belajar mengatasi cemburu secara bijak.

Suara.com - Mengalami rasa cemburu memang menjadi hal yang sudah biasa terjadi. Namun, jika kadarnya sudah berlebihan itu bisa jadi bahaya. Sebaiknya segera cari cara untuk mengatasi cemburu secara lebih bijak.

Rasa cemburu tak melulu tentang pasangan kita dekat dengan seseorang. Anda juga bisa merasakan cemburu ketika tidak suka melihat orang lain bahagia, misalnya saat teman mendapatkan promosi kenaikan jabatan.

Walaupun rasa cemburu bisa hilang, tapi akan menjadi sesuatu yang buruk ketika Anda kembali merasakannya secara intens. Anda akan memikirkannya tanpa henti sehingga menganggu kehidupan sehari-hari.

Jika tidak mau rasa cemburu jadi racun hidup yang hanya akan membuat diri tidak bahagia dan berkembang, mulai sekarang harus bisa belajar cara mengatasi cemburu dengan sehat.

Dilansir dari laman Prevention, mengabaikan masalah yang membuat Anda cemburu itu bukan menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kecemburuan.

Ilustrasi pasangan cemburuan. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan cemburuan. (Shutterstock)

Jika Anda memilih berpura-pura tidak cemburu justru membuatmu bertindak berlebihan dan bisa menjadi masalah besar.

Kalau ingin mengendalikan emosi, sebaiknya mulailah dengan menarik nafas panjang. Setelah itu luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana perasaan Anda yang sebenarnya dan bagaimana ingin merespons rasa cemburu tersebut.

Pertama, Anda harus cari tahu dari mana asal rasa cemburu itu. Mencari tahu jawabannya dapat memberi tahumu apakah Anda perlu mengatasi masalah tersebut dengan orang yang bersangkutan atau Anda bisa menyelesaikannya sendiri.

Ilustrasi pasangan cemburu dan curiga. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan cemburu dan curiga. (Shutterstock)

Salah satu solusi untuk meredam atau menghilangkan rasa cemburu adalah dengan menulis. Kamu bisa menuliskan semua masalah dan apa yang dirasakan. Hal itu kadang-kadang dapat memperlambat emosi. Cara itu juga membantu Anda berpikir jernih sebelum mengambil tindakan selanjutnya.

Setelah Anda merasa lebih tenang dan meluangkan waktu untuk mencari tahu apa yang sebenarnya dirasakan, Anda bisa bicarakan hal tersebut dengan seseorang.

Bersikaplah terbuka dan jujur tentang apa yang terjadi di dalam hati dan kepala Anda. Jangan sampai sungkan atau takut untuk meminta bantuan untuk mengatasi cemburu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS