Model Disabilitas Ini Unjuk Gigi di Panggung London Fashion Week

Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Model Disabilitas Ini Unjuk Gigi di Panggung London Fashion Week
Kisah Kelly Knox, Model disabilitas saat menerjang panggung London Fashion Week. (Instagram/itskellyknox)

Bagaimana kisah model disabilitas ini hingga ke panggung London Fashion Week?

Suara.com - Model Disabilitas Ini Unjuk Gigi di Panggung London Fashion Week.

Ajang peragaan busana sekelas London Fashion Week, sepertinya hanya tempat bagi orang-orang cantik yang memiliki bentuk fisik sempurna. Namun, kehadiran Kelly Knox telah membuka mata dan menginspirasi banyak orang untuk menilai seseorang tidak dari penampilan fisik semata.

Kelly Knox adalah model diabilitas yang lahir tanpa lengan kiri. Awalnya ia berprasangka buruk terhadap dunia. Baginya, dunia ini keji tidak memberi tempat baginya yang ingin merasakan hal yang seperti orang lain. Sehigga ia sempat hidup dengan tangan palsu.

Namun, di pertengahan jalan hidupnya, Kelly memutuskan membuang lengan palsu. Ia mengatakan kepada temannya, jika ia ingin menjadi model.

"Kamu ingin menantang kamera?" Tanya teman Kellya saat itu. Lalu ia menjawab, "ya" dengan penuh keyakinan.

Perempuan 34 tahun ini sudah 11 tahun berjuang, berkali-kali ia ditolak ketika ingin menjadi model. Saat hampir putus asa, kesempatan dan kepercayaan datang kepadanya.

Baru-baru ini langkah kaki Kelly sukses menerjang panggung London Fashion Week. Ia melakukan semacam tarian balet saat melangkah di atas catwalk, pesonanya membius pengunjung yang hadir, ditambah dengan rambut emasnya yang bergoyang-goyang seiring dengen hentakan pinggulnya.

"Berada di sana (catwalk), rasanya seperti ingin berkata, 'hei, lihat aku, betapa cantiknya aku," ucap Kelly menceritakan perasaan dan pengalamannya kepada Dailymail, Senin (22/4/2019).

Ibu dari seorang balita ini bersyukur bahwa kini industri fashion telah merangkul keberagaman, seperti model-model plus size, berkulit hitam, disabilitas, serta transgender.

Kendati begitu, Kelly tidak suka dengan kata cacat. Hidup tanpa lengan kiri ia merasa memiliki fisik yang menarik, sesuatu bagi hidupnya. Maka ia ingin menjadi duta bagi dunia model.

"Aku dilahirkan untuk menyampaikan pesan penting. 'Kamu cantik, apa pun penampilanmu'", ungkapnya.

Kelly mengatakan, meskipun saya tahu beberapa orang akan menolak kehadiran dan kecantikannya itu tidak akan pernah menghentikan langkahnya.

"Saya ingin orang-orang cacat merasakan kekuatan-untuk tidak merasa malu atau bersalah tentang tubuh mereka yang luar biasan," sambungnya.

Pada 2017, Kelly menjadi salah satu model pertama penyandang cacat untuk membintangi London Fashion Week, ia berjalan di atas catwalk untuk duo desain Inggris/Irlandia, Teatum Jones.

"Saya mewujudkan segala sesuatu tentang perempuan Teatum Jones, kuat, percaya diri dan kreatif. Mengenakan gaun putih yang menakjubkan di atas catwalk. Jujur, saya merasa seperti malaikat di kehidupan nyata. Warna, desain, jahitan, tekstur, dan material benar-benar memberi saya kekuatan," tandasnya.

Kelly menjadi model disabilitas yang cukup mencuri perhatian di panggung London Fashion Week dan kini menjadi salah satu role model disabilitas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS