Survei Ungkap Minat Milenial Indonesia Terhadap Politik, Sejauh Apa?

M. Reza Sulaiman | Vessy Dwirika Frizona
Survei Ungkap Minat Milenial Indonesia Terhadap Politik, Sejauh Apa?
Jari kelingking berlumur tinta usai mencoblos dalam pemilu. [Shutterstock]

Punya sikap politik yang tegas juga bisa menentukan daya tarik seseorang.

Suara.com - Survei Ungkap Minat Milenial Indonesia Terhadap Politik, Sejauh Apa?

Bukan omong kosong, minat milenial terhadap politik Indonesia memang meningkat. Hal ini dibutkikan oleh survei online terbaru yang dilakukan OkCupid.

17 April lalu menjadi salah satu hari bersejarah Indonesia karena negara ini telah berhasil melaksanakan pemilihan umum yang cukup kompleks dalam satu hari. Sekitar 193 juta pemilih yang sudah memiliki KTP membanjiri 809.500 tempat pemungutan suara di seluruh Indonesia dengan antusiasme sangat tinggi untuk menggunakan hak pilih dan merayakan pesta demokrasi, termasuk generasi milenial.

Bagi beberapa generasi Z atau bahkan beberapa milenial, ini merupakan pertama kalinya mereka menggunakan hak suara untuk pemilihan presiden. Semangat mereka terlihat dari cara mereka memberikan dukungan terhadap masing-masing kandidat pilihan mereka melalui sosial media.

Namun, di tengah antusiasme tersebut masih terdapat pemilih yang tidak dapat menentukan pilihan atau disebut golput (golongan putih). Seminggu sebelum pemilu, aplikasi kencan ternama OkCupid mengadakan survei terhadap penggunanya di seluruh Indonesia dan menemukan bahwa 43% dari 15.000 lebih pengguna yang menanggapi pertanyaan ini mengakui masih bimbang dalam menentukan kandidat pilihan.

Di sisi lain, 47% responden sudah yakin dengan kandidat pilihan mereka dan ikut memberikan suara saat pemilu.

"OkCupid menyadari euforia pemilu di Indonesia sangat besar. Jadi, kami hadirkan beberapa pertanyaan terkait pemilu untuk mendapatkan pandangan politik dan melihat bagaimana pentingnya politik bagi pengguna kami,” ujar Melissa Hobley, Chief Marketing Officer OkCupid melalui siaran pers yang diterima Suara.com.

Penyelenggaraan Pencoblosan Pemilu. [Antara]
Penyelenggaraan Pencoblosan Pemilu. [Antara]

Survei ini menunjukkan fakta bahwa terdapat beberapa alasan mengapa mereka masih golput hingga satu hari menjelang pemilu. Salah satunya, dukungan besar dari pendukung kedua kandidat yang akhirnya menjadi ajang perang konten kedua belah pihak yang menciptakan kekacauan publik, terutama di media.

OkCupid menemukan bahwa 95% pengguna yang menanggapi survei ini mengatakan bahwa penduduk Indonesia seharusnya berkontribusi lebih banyak lagi untuk negara. Hal menarik lainnya, sebanyak 97% perempuan lebih tertarik kepada lelaki dengan pandangan politik yang jelas, karena membuat lelaki terlihat lebih pintar dan berani.

Indonesia sebagai negara berkembang memiliki penduduk yang bervariasi dalam hal tradisi, bahasa, keyakinan, dan gaya hidup, menjadikannya pasar yang menarik bagi OkCupid dengan lebih dari 1 juta pengguna di Indonesia.

“Kami berharap OkCupid dapat membantu penggunanya menjadi diri mereka sendiri, membantu mereka menemukan pasangan yang sesuai, serta menjalin hubungan yang diharapkan,” tutup Melissa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS